SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sejumlah kota di Amerika Serikat dilanda cuaca ekstrem ala kutub yang menyebabkan suhu menembus minus 54 derajat Celsius. Sebagian wilayah Negeri Paman Sam itu pun membeku bak film Frozen.

Di Kota Chicago, misalnya, temperatur mencapai minus 30 derajat celsius. Bahkan, temperatur di sebuah kota kecil di Negara Bagian North Dakota menyentuh minus 54 derajat Celsius demikian seperti dikutip Suara.com dari BBC, Jumat (1/2/2019).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Cuaca luar biasa dingin ini berdampak kepada 250 juta warga AS. Sedikitnya tujuh orang meninggal dunia dan ratusan sekolah terpaksa ditutup.

 Celana jin membeku di Saint Anthony Village, Minnesota, AS (Pam Metcalf-Reuters)

Salju diperkirakan akan jatuh di sepanjang kawasan Great Lakes hingga New England di bagian pesisir timur AS. Ketinggian salju di Negara Bagian Wisconsin, misalnya, diestimasi akan mencapai 60 centimeter.

Status darurat telah diberlakukan di sejumlah negara bagian, seperti Wisconsin, Michigan, dan Illinois hingga di daerah selatan yang biasanya lebih hangat seperti di Alabama dan Mississippi.

“Ini mungkin saat bersejarah,” kata Ricky Castro, ahli meteorologi dari National Weather Service (NWS) di Illinois seperti dikutip dari BBC.

 Cuaca ekstrem melanda Buffalo, New York, U.S., Kamis (31/1/2019). (Reuters-Lindsay DeDario) 

NWS memperingatkan masyarakat bahwa mati rasa bakal terjadi hanya dengan menghabiskan 10 menit di luar ruangan.

Sejauh ini Grand Forks di North Dakota mencatat suhu terendah pada Rabu (30/1/2019) pagi, yaitu minus 54 derajat Celsius.

Pada akhir pekan ini, sebanyak 20 juta orang di daratan AS diperkirakan akan mengalami suhu minus 28 derajat Celsius atau lebih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya