SOLOPOS.COM - Foto di media sosial yang menggambarkan aksi 1.000 lilin di Manahan, Solo. Foto tersebut bukan diambil di Solo. (Facebook)

Beredar foto aksi 1.000 lilin yang disebut digelar di Patung Bung Karno, Manahan, Solo.

Solopos.com, SOLO — Sebuah foto beredar di media sosial Facebook dan menggambarkan aksi 1.000 lilin di depan Patung Bung Karno, Manahan, Solo. Namun, berdasarkan penelusuran, gambar aksi tersebut bukan diambil di Kota Solo dan digabungkan dengan foto lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penelusuran Solopos.com, foto tersebut diunggah di media sosial pada Minggu (14/5/2017) di akun @PanjiHarmawan. “Malam ini Solo untuk Indonesia. Walau harus tak umpet Alhamdulillah Kidung Untuk Negeri tetap Menyala di depan Monumen Soekarno Manahan Solo,” demikian bunyi keterangan tertulis yang menyertai gambar itu.

Gambar tersebut menunjukkan massa membawa lilin dengan latar belakang foto Patung Bung Karno di Manahan, Solo. Hingga Senin (15/5/2017) malam pukul 20.30 WIB, unggahan di Twitter ini telah di-retweet hingga 151 kali.

Foto di media sosial yang menggambarkan aksi 1.000 lilin di Manahan, Solo. Foto tersebut bukan diambil di Solo. (Twitter)

Foto di media sosial yang menggambarkan aksi 1.000 lilin di Manahan, Solo. Foto tersebut bukan diambil di Solo. (Twitter)

Tak hanya di Facebook, foto serupa juga menjadi viral di Facebook. Salah satunya dibagikan di Grup Facebook BOYKOT (BOYOLALI KOTA) oleh akun Dhewix CUah Uelex, Minggu malam.

Hasil penelusuran Solopos.com berdasarkan link unggahan tersebut di Google Image, muncul dua unggahan gambar serupa di Twitter. Ternyata, aksi 1.000 lilin tersebut bukan diambil di Solo, melainkan di Jakarta.

Gambar tersebut sebenarnya merupakan gabungan antara dua foto, yaitu foto Patung Bung Karno di Manahan dan foto aksi 1.000 lilin di Tugu Proklamasi, Jakarta, Rabu (10/5/2017) lalu, karya fotografer Antara, Rivan Awal Lingga. Foto asli aksi di Tugu Proklamasi itu digabungkan dengan foto Patung Bung Karno di atasnya. Berikut foto aksi 1.000 lilin yang sesungguhnya di Jakarta:

Massa mengikuti aksi damai di Tugu Proklamasi, Jakarta, Rabu (10/5/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)

Massa mengikuti aksi damai di Tugu Proklamasi, Jakarta, Rabu (10/5/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)

Diberitakan sebelumnya, oleh Solopos.com, aksi 1.000 lilin yang rencananya digelar di Plasa Manahan, Minggu (14/5/201), batal dan ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Rencana aksi damai bertajuk Kidung untuk Negeri itu dibatalkan lantaran pada waktu dan lokasi yang sama digelar agenda lain, yaitu Expo Polresta Solo dalam rangka HUT Bhayangkara.

“Izin dari Polresta sudah keluar. Namun, berhubung ada beberapa kegiatan di Kota Solo yang digelar bersamaan, untuk sementara kami batalkan dulu yang tanggal 14. Kelanjutannya sepeti apa, nanti kami informasikan lagi di media sosial,” kata Silvy, 35, pejabat Humas kegiatan Penyalaan Seribu Lilin bagi Indonesia Tercinta, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (13/5/2017) lalu.

Sementara itu, rencana aksi Solidaritas Anak Negeri untuk Keadilan dan NKRI dengan menyalakan 1.000 lilin dari Benteng Vastenburg sampai Tugu Pamandengan pada Minggu (14/5/2017) malam, juga batal. Penyebabnya, peserta aksi tidak mendapat izin dari polisi karena dilaksanakan pada malam hari dan hari libur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya