SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Fossbi siapkan liga SSB di Tanah Air.

Solopos.com, SOLO—Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (Fossbi) menyiapkan sebuah turnamen sepak bola usia dini dalam format liga yang kemungkinan akan dimulai pada April 2018 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Fossbi Jateng Aziz Kristanto menjelaskan liga SSB itu merupakan salah satu agenda yang akan dibahas dalam pertemuan antar SSB di Jateng di Sragen, Jumat (9/3/2018) besok. Pertemuan itu sekaligus untuk melantik pengurus Fossbi di tingkat kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Liga SSB ini bisa dimulai di tiap wilayah dulu, baru ke tingkat provinsi dan ke putaran nasional,” kata Aziz Kristanto saat berbincang dengan Solopos.com di Sragen, Rabu (7/3/2018).

Liga SSB nantinya akan dibuat menyerupai liga sepak bola pada umumnya. Tim yang menang akan mendapat tambahan tiga poin, seri dapat satu poin dan kalah tanpa ada tambahan poin. (baca juga: PEMBINAAN SEPAK BOLA : 224 Anak Ikuti Coke Kicks 2017)

Namun, kompetisi sepak bola usia dini ini bakal menggunakan lapangan mini dengan waktu bermain yang lebih pendek. Hadiah dalam Liga SSB ini tidak akan diwujudkan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk piala maupun sarana penunjang sepak bola.

“Teknisnya bagaimana, nanti akan dibahas dalam pertemuan besok Jumat. Liga SSB ini diharapkan benar-benar menjadi wadah bagi pesepak bola usia dini dalam mengasah atau mengembangkan bakatnya,” terang Aziz.

Fossbi, kata Aziz, sudah diberi amanah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk  mengoptimalkan pembinaan pesepak bola usia dini. Salah satu upayanya ialah dengan menyelenggarakan liga SSB pada tahun ini.

“Prestasi Fossbi sudah mendapat apresiasi dari Kemenpora. Terakhir, tim Fosbbi Jateng U-14 mampu meraih Juara I di kategori plate pada ajang Kuala Lumpur Cup 2018. Raihan Juara I di kategori plate itu otomatis mendongkrak posisi Fossbi Jateng ke peringkat tiga besar champions cup,” jelas Aziz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya