SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, PATI — Fosil gajah purba yang diekskavasi di kawasan Hutan Kaliampo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah bakal dimasukkan ke dalam daftar benda cagar budaya.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati, Paryanto, kini dititipkan di Museum Patiayam, Kudus, Jateng. “Untuk saat ini, fosil tersebut dititipkan di Museum Patiayam Kudus,” ujarnya di Pati, Jateng, Selasa (23/10/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Paryanto yang disebarluaskan Kantor Berita Antara, untuk mencatat fosil gajah purba  itu sebagai benda cagar budaya, pihaknya masih menunggu sarana dan prasarananya tersedia. Salah satunya, kata dia, harus tersedia tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah yang telah dievakuasi tersebut.

Selain itu, lanjut dia, harus menunggu hasil penelitian terhadap fosil purba tersebut untuk mengungkap umur dan panjangnya. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati saat ini mencatat ada 205 cagar budaya.

Ratusan benda cagar budaya tersebut diperkuat dengan Surat Keputusan Bupati Pati Nomor 556/2730 Tahun 2016 tentang Jenis Cagar Budaya di Kabupaten Pati. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, jumlah fosil yang ditemukan mencapai puluhan fragmen fosil gajah purba jenis stegodon, meliputi tulang rusuk dan tulang belakang.

Penemuan fosil tersebut, berawal dari kecurigaan salah seorang warga yang berada di kawasan hutan di Desa Wangunrejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati. Selanjutnya, temuan benda mencurigakan dalam kondisi masih terkubur di tanah itu dilaporkan kepada instansi terkait, kemudian diteruskan ke Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran.

Temuan fosil purba tersebut, merupakan yang pertama kalinya ditemukan di wilayah Pati. Proses evakuasi fosil tersebut, membutuhkan waktu yang lama karena berlangsung sejak 25-29 September 2018.

Pemkab Pati juga mewacanakan untuk membuat museum guna menyimpan benda-benda bersejarah yang ada di daerah tersebut, termasuk fosil purba tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya