Forum Pemred Bentuk Tim Perumus Ekosistem Media, Ini Tujuannya

Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Pemred)  membentuk tim perumus ekosistem media.

 Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad dalam acara pertemuan tokoh nasional dalam rangka memperingati 10 tahun Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) di Jakarta, Jumat (5/8/2022). (Antara/Tri Meilani A.)

SOLOPOS.COM - Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad dalam acara pertemuan tokoh nasional dalam rangka memperingati 10 tahun Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) di Jakarta, Jumat (5/8/2022). (Antara/Tri Meilani A.)

Solopos.com, JAKARTA-Forum Pemimpin Redaksi Indonesia atau Forum Pemred membentuk tim perumus ekosistem media guna menciptakan ekosistem media yang sehat di Tanah Air. Pembentukan itu bertepatan dengan momentum 10 tahun berdirinya forum tersebut.

“Tim ini akan menjadi partner atau rekan yang konstruksif sekaligus kritis bagi Dewan Pers dan berkolaborasi pada para pemangku kepentingan dalam menyusun ekosistem media yang lebih baik dan sehat,” kata Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad dalam acara pertemuan tokoh nasional dalam rangka memperingati 10 tahun Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Pemred) di Jakarta seperti dikutip dari Antara pada Jumat (5/8/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Secara khusus, tambah dia, tim perumus ekosistem media yang disingkat dengan Tim 10 itu juga mendorong agar regulasi tanggung jawab platform global untuk mewujudkan jurnalisme berkualitas yang diinisiasi oleh Dewan Pers, yakni Tim Task Force Media Sustainability bersama Tim 7 dari Forum Pemred dapat segera disahkan.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Kurangi Politik Identitas, Media Fokus Prestasi Kerja

Menurut Arifin, ekosistem media yang sehat dan regulasi mengenai tanggung jawab platform global dalam mewujudkan jurnalisme berkualitas itu penting untuk dihadirkan mengingat media massa di Indonesia saat ini terjebak dalam rezim memandang berita yang baik adalah berita yang memiliki jumlah pembaca yang banyak.

“Media massa saat ini terjebak dalam rezim views and click akibat kuatnya peran platform global,” ucap dia.

Oleh karena itu, lanjut Arifin, perlu dilakukan terobosan seperti menghadirkan Tim 10 yang terdiri atas pihak internal Forum Pemred dan pihak eksternal.

Baca Juga: Kang Emil Apresiasi Media Telah Beritakan soal Eril dengan Adil

“Tim 10 ini diketuai oleh Purwanto, lalu Wakil Ketua Arif Budi Susilo, Sekretaris Irna Gustia, dan anggota, yakni Kemal E. Gani, Ninuk M. Pambudi, Agus Sudibyo, Meta D. Saputra, Irfan Junaedi, Gaib Maruto Sigit, dan Ardian Tedjo,” papar Arifin.

Selain membentuk tim perumus ekosistem media, dalam kesempatan yang sama, Forum Pemred juga meluncurkan logo baru mereka yang berbentuk balon percakapan. Logo itu dibuat oleh salah seorang desainer dari Majalah Tempo Eko Punto.

 

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Dilema Hak Asasi Manusia, Destinasi Wisata Prioritas, dan Investasi

      + PLUS Dilema Hak Asasi Manusia, Destinasi Wisata Prioritas, dan Investasi

      Konflik antara pelaku wisata di Taman Nasional Komodo dengan aparat kepolisian pada Senin (1/8/2022) adalah akibat kebijakan pemerintah yang mementingkan urusan investasi dibanding mendengar aspirasi masyarakat yang langsung terdampak kebijakan.

      Berita Terkini

      Kemunculan Putri Chandrawati Diragukan Keasliaannya, Kenapa?

      Keaslian sosok istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, yang muncul perdana di Mako Brimob diragukan.

      Isi Surat Bharada E untuk Keluarga Brigadir J yang Ditulis Dini Hari

      Berikut ini isi surat Bharada E untuk keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua alias Brigadir J yang ditulis pada dini hari.

      Dilema Hak Asasi Manusia, Destinasi Wisata Prioritas, dan Investasi

      Konflik antara pelaku wisata di Taman Nasional Komodo dengan aparat kepolisian pada Senin (1/8/2022) adalah akibat kebijakan pemerintah yang mementingkan urusan investasi dibanding mendengar aspirasi masyarakat yang langsung terdampak kebijakan.

      Lagi Jatuh Cinta, Ini Pesona Cantik AKP Rita Yuliana

      Inilah profil AKP Rita Yuliana yang memiliki sejuta pesona.

      Honor Petugas Pemilu 2024 Naik, Ketua PPK Rp2,5 Juta, KPPS Rp1,2 Juta

      KPU Pusat memastikan honor petugas Pemilu 2024 naik dibandingkan Pemilu 2019.

      Bharada E Tulis Surat untuk Keluarga Brigadir J, Isinya Menyentuh!

      Bharada E menuliskan surat untuk keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua alias Brigadir J yang isinya menyentuh.

      Mahfud MD: Ada 3 Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Bisa Bertambah!

      Mahfud MD menyebutkan ada tiga tersangka yang telah ditetapkan dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

      Kronologi Pembunuhan Brigadir J Versi Bharada E

      Begini kronologi pembunuhan Brigadir J, ajudan Ferdy Sambo, menurut Bharada E yang ditetapkan sebagai tersangka.

      Ditetapkan Tersangka, Apa Peran Brigadir RR dalam Kasus Brigadir J?

      Ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana, apa peran Brigadir RR dalam kasus meninggalnya Brigadir J?

      Daftar Ajudan Ferdy Sambo, Lengkap dengan Pangkatnya

      Berikut ini daftar lengkap ajudan mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, lengkap dengan pangkatnya.

      Solopos Hari Ini: Citra Polisi Dipertahankan

      Pengusutan kasus meninggalnya Nopryansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J semakin mendekati pengungkapan dalang pembunuhan.

      Ini Alasan Ferdy Sambo Jadi Calon Kuat Pengganti Kapolri Listyo

      Berikut ini sederet alasan mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo disebut sebagai calon kuat pengganti Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

      Akan Muncul Maksimal Empat Calon Presiden

      Setidaknya akan muncul maksimal empat calon presiden berdasar kecenderungan relasi dan komunikasi antarpartai politik termutakhir.

      Tim UNS Gelar Pelatihan Penyusunan Worksheet Digital Berbasis TPACK

      Tim Pengabdian dari RG Inovasi Kompetensi Guru Sekolah Dasar FKIP Unversitas Sebelas Maret (UNS) Solo belum lama ini menggelar pelatihan kepada para guru di Soloraya.

      Tersangka Lain Kasus Brigadir J Diumumkan Hari Ini, Siapa?

      Menko Polhukam Mahfud MD menyebutkan tersangka baru kasus kematian Brigadir J bakal diumumkan hari ini. Kira-kira siapa?