Forum G20 Solo, RI Soroti Ketidakadilan Investasi Energi Hijau

Pemerintah RI menyoroti ketidakadilan investasi energi hijau yang sangat timpang antara negara maju dan negara berkembang dalam forum G20 di Solo, Rabu (6/7/2022).

 Forum  Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) The Group of Twenty  (G20) di Hotel Alila Solo, Rabu (6/7/2022). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

SOLOPOS.COM - Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) The Group of Twenty (G20) di Hotel Alila Solo, Rabu (6/7/2022). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Indonesia menyoroti ketidakadilan aliran investasi energi hijau antara negara maju dan berkembang pada forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) The Group of Twenty atau G20 di Solo, Rabu (6/7/2022).

Gagasan itu disampaikan Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat memberikan sambutan pada pembukaan persidangan yang berlangsung selama dua hari di Kota Bengawan. Dia mengatakan ketidakadilan investasi antara negara maju dan berkembang sangat timpang.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Keran investasi industri hijau masih sangat timpang hanya satu per lima  dari investasi energi hijau yang mengalir ke negara-negara berkembang,” kata Bahlil.

Dalam forum G20 di Solo itu, Bahlil juga mengatakan sejumlah ketidakadilan yang terjadi, antara lain pertemuan berbagai forum dunia yang dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa. Ada kesepakatan untuk menurunkan emisi  rumah kaca tetapi yang terjadi malah ada ketimpangan harga karbon antara negara maju dan berkembang.

Menurutnya, harga karbon di negara maju bisa mencapai US$100 per ton sementara harga di negara berkembang penghasil karbon tak  lebih dari US$10 per dolar. Tata kelola harga karbon semestinya untuk kepentingan kesejahteraan rakyat di mana negara sebagai penghasil karbon.

Baca Juga: Forum G20 Solo: Tak Gubris Protes, Indonesia Setop Ekspor Nikel Mentah

“Saya tak ingin ada perlakuan-perlakuan yang tidak adil sebab persoalan emisi merupakan persoalan dunia. Oleh karena itu dalam pandangan saya pada forum ini sudah saatnya harus berpikir duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi untuk kebaikan rakyat seluruh dunia,” paparnya.

Ketidakadilan investasi, hilirisasi, dan antisipasi tren investasi masa depan menjadi tiga gagasan yang disampaikan Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan investasi berkelanjutan pada forum TIIWG G20 di Kota Solo hari itu.

Pemulihan Ekonomi

Bahlil menjelaskan pertemuan itu merupakan  momentum kolaborasi negara-negara  G20 untuk berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi global di tengah ketidakpastian dunia yang terimbas pandemi Covid-19. Hampir semua negara memiliki persoalan yang sama untuk mengendalikan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pascapandemi.

Baca Juga: Delegasi G20 Baru Kali Pertama Minum Jamu Solo, Begini Komentarnya

Menurutnya, pandemi Covid-19 dan situasi geopolitik mengakibatkan disrupsi pada rantai global yang mengakibatkan inflasi tinggi, krisis pangan, dan krisis energi dunia. Tekanan inflasi yang tinggi dan terbatasnya ketersediaan energi dan pangan dunia menurunkan daya beli masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, pandemi meningkatkan kerentanan masyarakat khususnya negara-negara berkembang untuk jatuh ke jurang kemiskinan. Para pemimpin global G20 harus bergandengan tangan untuk menyelesaikan permasalahan rantai pasok dunia untuk mendukung capaian Sustainable Deveopment Goals (SDGs)  terutama  mengurangi kemiskinan dan mengurangi kelaparan.

“Singkatnya G20 harus menjadi payung bersama penyususnnan desain tatanan global yang adil, sejahtera,inklusif, dan lestari, khususnya menyuarakan kepentingan negara berkembang dan kelompok miskin dan rentan,” ujarnya.

Baca Juga: Besok Ada Kirab Solo Batik Carnival, Perhatikan Ruas Jalan Yang Ditutup

Dia menjelaskan  perdagangan, investasi, dan industri merupakan faktor kunci dalam upaya pemulihan ekonomi global. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Forum TIIWG G20 yang berlangsung di Hotel Alila Solo diikuti sedikitnya 39 delegasi dari anggota G20. Seluruh utusan delegasi itu personelnya berkisar 150 orang. Para anggota delegasi mengikuti beberapa agenda acara selama berada di Kota Solo, mulai dari pertemuan, kirab budaya, dan city tour.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Berita Terkini

      Ada Indikasi Kepala Desa Urusi Parpol, Ini Langkah Pemkab Wonogiri

      Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri menemukan indikasi adanya kepala desa (kades) yang ikut menjadi pengurus partai politik (Parpol).

      Ojo Dibandingke Viral Saat Upacara HUT RI, Penciptanya Asal Boyolali Lo

      Lagu Ojo Dibandingke ciptaan seniman Boyolali, Abah Lala, kembali viral setelah dibawakan penyanyi cilik Farel Prayoga seusai upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

      5 Orang Digaruk di Rumah Lokalisasi Ilegal Pedan Klaten, Ini Sanksinya

      Sebanyak lima orang digerebek tim gabungan di rumah yang diduga menjadi lokalisasi ilegal di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Selasa (16/8/2022) siang.

      Bendera Raksasa Berkibar di Bendung Tirtonadi Solo

      Bendera Merah Putih raksasa berkibar di Bendung Tirtonadi Solo, Rabu (17/8/2022).

      Terminal Tirtonadi Solo Lepas Balon Berhadiah, Ini Cara Tukar Hadiah

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, Terminal Tirtonadi Solo melepas 45 ekor merpati dan 77 balon merah putih berhadiah.

      Daftar Kuliner di Tawangmangu Baru: Nasi Kucing - Kambing Guling

      Inilah daftar menu makanan di kawasan kuliner Tawangmangu Baru Karanganyar.

      Cek! Jadwal KRL Solo-Jogja Sampai ke Palur mulai 17 Agustus 2022

      Inilah jadwal terbaru KRL Solo-Jogja sampai ke Stasiun Palur yang mulai dicoba hari ini, Rabu (17/8/2022).

      Upacara Kemerdekaan di Sriwedari, Gibran Targetkan Percepatan Vaksinasi

      Rangkaian upacara ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Komandan Upacara dijabat oleh Kapten Kal. Prasetio sedangkan Perwira Upacara diemban Kapten Lak. Widayat.

      Begini Cara Warga Jambeyan Sragen Sambut HUT RI

      ada enam pencinta alam mengajak tiga anak untuk bertadabur alam dalam mensyukuri nikmat kemerdekaan pada malam menjelang HUT RI di Bukit Tuk Kungkung

      Bawaslu Wonogiri Ingatkan Kades Tak Ikut Urusi Parpol

      Bawaslu Wonogiri mengindikasikan ada kepala desa (Kades) yang masuk dalam kepengurusan partai politik (Parpol).

      Catat, Besok Jl Lawu Papahan Karanganyar Ditutup Sementara, Ada Apa?

      Penutupan akan dimulai sekitar 12.30 WIB, menyesuaikan dengan persiapan dimulainya pawai karnaval, hingga selesai.

      Tumpeng hingga Miniatur Pesawat Diarak Warga Jatikuwung Karanganyar

      Warga antusias mengikuti upacara tersebut setelah dua tahun tak digelar karena pandemi Covid-19

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 17 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (17/8/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Begini Cara Komunitas Difabel Ampel Boyolali Tingkatkan Pede Anggota

      Tujuannya dibentuk KDA adalah merangkul difabel agar selalu berkarya dan bermanfaat untuk orang lain.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 17 Agustus 2022, Bebas Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (17/8/2022), akan bebas dari hujan.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar 17 Agustus 2022, Merdeka dari Hujan

      Anda bisa merayakan momen HUT RI pada hari ini, Rabu (17/8/2022), tanpa khawatir hujan mendadak turun.