SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (JIBI/Dok)

Formula One 2016 akan segera dihelat. Namun, sampai saat ini nasib pembalap Indonesia, Rio Haryanto di ajang balap tersebut belum ada kejelasan. Kabar terakhir, Manor masih memberikan kelonggaran waktu untuk Rio Haryanto.

 
Harianjogja.com, JAKARTA — Manor Racing kembali memberikan kelonggaran waktu bagi Rio Haryanto untuk bisa menyelesaikan sejumlah administrasi terkait peluangnya masuk tim Formula 1 tersebut.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Sikap Manor itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi setelah dirinya bertemu dengan managing director Manor, Abdulla Boulsien, di kantornya hari ini, Kamis (11/2/2016).

Selain mereka, juga hadir dalam pertemuan Rio, Indah Pennywati (ibunda Rio), dan manajer si pebalap, Piers Hunnisett. Pertemuan mereka berlangsung sekitar dua jam.

Ekspedisi Mudik 2024

“Manor mengucapkan terimakasihnya atas perhatian pemerintah bersama seluruh pihak baik itu swasta, parlemen, dan semuanya. Mereka juga sepakat bahwa Rio harus didukung dan tidak bisa berjalan sendiri. Karena itu, melalui hal ini juga saya mengundang semua pihak siapapun untuk membantu. Sebab, kesempatan ini tidak mungkin datang lagi,” kata Imam kepada wartawan.

Manor masih menanti panjar (down payment) sebesar 3 juta euro dari pihak Rio. Semulai tenggat waktu itu ditetapkan pada 30 Januari lalu, dan kini dimundurkan lagi.

Dikatakan Imam, saat ini dana kongkret yang terkumpul baru 5,3 juta euro, yang berasal dari Pertamina, dari total 15 juta euro yang disyaratkan Manor. Adapun bantuan dana dari negara belum mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan.

“Makanya mohon dukungan, agar semua pihak bisa membantu, karena tidak cukup pemerintah saja,” ujar Imam.

Tentang peluang Rio untuk masuk Manor, walaupun pembayarannya belum jelas dan satu kursi sudah dimiliki pebalap Jerman, Menpora masih yakin.

“Masih berpeluang besar. Sekarang Manor butuh, apalagi dengan datangnya Manor ke sini dan melihat seperti apa dukungan pemerintah. Saya pikir peluang Rio bisa,” tukasnya.

Sementara itu Rio mengapresiasi pertemuan tersebut. Namun dia terkesan masih bersikap ‘wait and see’.

“Saya berterimakasih atas waktu yang diberikan Kemenpora yang sudah membantu secara optimal. Soal keputusan selanjutnya, kami masih menunggu. Manor sudah mengumumkan satu pebalapnya, sekarang tinggal satu seat lagi,” ucap pemuda 23 tahun itu.

“Saya mohon dukungan sepenuhnya dari pemerintah untuk bisa membantu agar Indonesia bisa tampil di F1.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya