FORMULA ONE : Renault Beli Lotus Cuma Rp20.000
Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Formula One diwarnai dengan Renault yang mengakuisisi Lotus.

Solopos.com, ENSTONE — Renault resmi menjadi pemilik baru Lotus hanya dengann mengeluarkan dana senilai 1 poundsterling atau Rp20.358. Proses akuisisi ini dirampungkan kedua belah pihak sebelum Hari Natal lalu. Dengan demikian, Renault tinggal tunggu waktu untuk kembali ke trek Formula One (F1) musim 2016.

Dilansir Motorsport.com, Senin (28/12/2015), pembayaran itu memang hanya simbolis mengingat Lotus punya hutang yang tak sedikit yang dibebankan kepada investor. Selain Renault, Genii Capital dan afiliasinya, Gravity Motorsports, juga telah mendapatkan 10% hak kepemilikan.

Pengambil alihan Lotus ini cukup rumit karena melibatkan pembelian lebih dari 6,74 juta lembar saham oleh Genii dari Whiterock Alliance Ltd. Setelah ada kepemilikan penuh, kemudian dijual pada Grigny Ltd sebanyak 90%.

Grigny adalah anak perusahaan Renault yang membawahi RDIC (Renault Developpement Industriel et Commercial). Mereka telah ada sejak 1977, lebih dikenal dengan nama Benetton Ltd antara musim 1979-2000.

Saat Renault mengakuisisi tim F1 Benetton, pabrikan Prancis itu terus memilikinya dengan nama Grigny, hingga berpindah ke Genii. Pada era mesin V8, Renault menggunakan Grigny untuk peminjaman sistem KERS bagi tim-tim F1.

Pada musim 2013 mereka memperoleh keuntungan sebesar tujuh juta poundsterling atau Rp142 miliar. Namun, situasi berubah pada musim 2014. Grigny hanya memperoleh 432.000 poundsterling atau Rp8 miliar untuk pasokan teknisi ke tim F1 Renault.

Meskipun demikian, Direktur Manajer Renault Lotus, Cyril Abiteboul, meminta publik jangan terlalu berekspektasi tinggi atas comeback Renault ini. Ia berharap tim pabrikan asal Prancis ini tak langsung diadili berdasarkan perolehan poin.

“Saat Anda memutuskan masuk F1, Anda pasti berharap hasil fantastis. Tapi, kami datang dengan rencana jelas bukan hanya untuk semusim melainkan untuk bertahun-tahun. Ada banyak hal yang ingin kami lakukan di musim depan,” jelasnya, dilansir Planetf1.com.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho