SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Formula One musim depan resmi akan ditambah dengan satu balapan di Azerbaijan.

Solopos.com, BAKU— Azerbaijan resmi meramaikan kejuaraan Formula One (F1) musim 2016 mendatang. GP baru ini dijadwalkan masuk kalender balap musim depan seri ke-10, yakni 17 Juli 2016.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Balapan mobil terbaik di dunia ini akan menyambangi Azerbaijan untuk kali pertama dengan mengambil tempat di Baku Street Circuit.

Seri ini akan digelar setelah GP Austria, 3 Juli 2016 dan sebelum GP Jerman, 31 Juli 2016. Azerbaijan menjadi tuan rumah F1 selepas penyelenggara menemukan kata sepakat dengan bos F1, Bernie Ecclestone.

GP Azerbaijan ini sudah digadang-gadang bakal jadi host F1 sejak musim 2013 lalu. Akan tetapi, baru akan terwujud musim depan menyusul absennya GP Korea.

“Saya dengan senang hati mengumumkam kami sudah menandatangani kontrak untuk membawa F1 ke Baku di musim 2016 mendatang. Letak negara kami yang berada di antara Eropa Timur dan Asia Barat akan menjadi hal baru untuk F1,” ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Azerbaijan, Azad Rahimov, dilansir Autosports, Minggu (12/7/2015).

Rahimov memaparkan GP Azerbaijan akan mengambil tempat di sirkuit jalanan Baku yang didesain oleh Hermann Tilke. Trek termasuk sangat panjang karena mencapai 6,006 km dan dilengkapi dengan 20 tikungan. Sedangkan garis start dan finis akan berada di bangunan ikonik Azerbaijan, Azadliq Square.

“Kami senang Baku menjadi bagian dari keluarga F1. Seri ini adalah balapan jalanan yang akan melewati sejumlah tempat yang menarik di Baku. Grand prix ini jelas masuk kriteria F1,” papar Ecclestone.

Masuknya Azerbaijan akan membuat kalender F1 2016 mencetak rekor sebagai musim terpanjang dengan 21 seri. Jumlah ini baru saja ditetapkan oleh World Motor Sport Council dalam sebuah pertemuan di Mexico City.

Di musim depan jumlah balapan akan lebih banyak tiga seri dari musim ini yang hanya 19 grand prix. Selain itu, musim 2016 baru akan bergulir 3 April atau mundur lebih dari dua pekan dari jadwal biasa yang dimulai pertengahan Maret.

GP Australia masih menjadi seri pembuka pada 3 April 2016. Sedangkan seri penutup tetap di GP Abu Dhabi, 27 November 2016. Di samping itu, GP Rusia berpindah dari Oktober ke Mei, sementara GP Malaysia akan digelar 25 September atau sepekan setelah GP Singapura. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Ini dia sirkuit Azerbaijan yang akan mulai dipakai balapan Formula One musim depan. Ist/google image

Ini dia sirkuit Azerbaijan yang akan mulai dipakai balapan Formula One musim depan. Ist/google image

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya