SOLOPOS.COM - Formula One (Reuters)

Formula One telah dibeli miliarde AS John Malone senilai Rp57 triliun.

Solopos.com, WASHINGTON – Liberty Media milik miliarder komunikasi Amerika Serikat (AS) John Malone pada Rabu (7/9/2016) mengumumkan telah menyepakati pembelian bisnis balapan ikonik Formula One (F1) dengan nilai US$4,4 miliar atau sekitar Rp57,5 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Liberty menyatakan akan mempertahankan Bernie Ecclestone, yang sejak lama mengendalikan grup perusahaan balapan tersebut, sebagai salah satu pemimpin eksekutif F1, namun juga menunjuk Chase Carey, wakil kepala 21st Century Fox, sebagai pemimpin baru perusahaan itu.

Perusahaan itu akan mengambil alih olahraga motor legendaris tersebut dengan membeli 100 persen kepemilikan pemegang saham pengendali Delta Topco dari CVC Capital Partners, grup investasi asal Inggris yang membeli ke F1 pada 2005.

Liberty sudah menunjukkan minat ke beberapa bisnis olahraga dan hiburan, termasuk tim Atlanta Braves Major League Baseball.

Menurut Liberty Group, kesepakatan tersebut, yang melibatkan uang, pertukaran utang dan penerbitan saham baru Liberty Media Group, mewakili nilai ekuitas 4,4 miliar dolar AS (sekitar Rp57,5 triliun), dan membuat nilai perusahaan F1 menjadi US$8 miliar (sekitar Rp104,6 triliun).

“Kami sangat gembira menjadi bagian dari Formula One,” kata Presiden dan Pemimpin Eksekutif Liberty Media, Greg Maffei.

“Kami rasa perspektif jangka panjang kami dan keahlian dengan aset media dan olahraga akan memungkinkan kami menjadi pengurus Formula One yang baik serta menguntungkan penggemar, tim dan pemegang saham kami,” katanya sebagaimana dikutip sebuah kantor berita.

Setelah berbulan-bulan pembicaraan, Liberty setuju mempertahankan Ecclestone, dalang di balik evolusi F1 menjadi bisnis olahraga miliaran dolar dalam 40 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya