SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Formula One musim depan kemungkinan akan kembali menggunakan sirkuit Imola.

Solopos.com, SPIELBERG— Sirkuit Imola dikabarkan bakal kembali menjadi tuan rumah kejuaraan Formula One (F1) GP Italia menyusul keengganan Monza untuk memperpanjang kontrak yang berakhir musim 2016 mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rencana ini mendapat sambutan baik dari berbagai pihak mengingat Imola yang kerap menjadi tempat balapan GP San Marino ini termasuk trek bersejarah F1.

Masuknya Imola sebagai host F1 di musim-musim mendatang terbuka lebar lantaran Monza tak juga mau bernegosiasi untuk membicarakan kontrak anyar selepas musim 2016.

Krisis finansial yang menimpa Monza disinyalir menjadi penyebab utama sirkuit yang dibangun musim 1922 silam itu ogah duduk satu meja membahas kerja sama anyar dengan penyelenggara F1.

Bos F1, Bernie Ecclestone juga bertekad tak akan menghapus GP Italia dari kalender balap apa pun yang terjadi. Maka dari itu, ia menyambut baik keinginan Imola untuk kembali meramaikan adu kebut jet darat ini dalam waktu dekat. Kabarnya, pihak F1 sudah berjumpa dengan investor serta penyelenggara untuk mendiskusikan kabar baik ini.

“Imola dipersiapkan untuk menjadi alternatif setelah Monza. Kita bisa melakukannya. Saya ingin memastikan Italia akan tetap berada di dalam kalender,” papar Ecclestone kepada Gazzetta dello Sport, dilansir crash.net, Kamis (18/6/2015).

Imola memulai debut sebagai tuan rumah F1 GP Italia di musim 1980. Namun, trek yang dikenal dengan Autodromo Dino Ferrari ini hanya semusim didapuk menjadi host GP Italia lantaran berpindah administrasi menjadi GP San Marino musim 1981 hingga 2006.

Sirkuit ini terletak di Faenza, Italia, yang dekat dengan markas Toro Rosso. Popularitas Imola menurun drastis setelah terjadi insiden kecelakaan mengerikan yang menewaskan juara dunia tiga kali, Ayrton Senna, dan Roland Ratzenberger.

Sejak peristiwa mengenaskan itu lay out sirkuit diubah. Termasuk mengubah Tamburello dan tikungan Villeneuve yang dikenal butuh kecepatan tinggi saat melewati kedua titik. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Formula One saat menjelang start di Sirkuit Imola. ist/grandprix.com

Formula One saat menjelang start di Sirkuit Imola. ist/grandprix.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya