Tutup Iklan

FORMULA ONE (F1) : Massa Marah, Verstappen Pilih Bela Diri

FORMULA ONE (F1) : Massa Marah, Verstappen Pilih Bela Diri

SOLOPOS.COM -

Formula One (F1) di seri keenam GP Monaco, Sirkuit Monte Carlo yang diwarnai kecelakaan membuat Filipe Massa marah.

Solopos.com, MONTE CARLO— Pembalap Williams, Felipe Massa, menilai kecelakaan yang menimpa pembalap Toro Rosso, Max Verstappen, di seri keenam GP Monaco, Sirkuit Monte Carlo, Minggu (24/5/2015), terbilang mengerikan. Meskipun Verstappen selamat dari kecelakaan maut itu, Massa menganggap aksi rookie Formula One (F1) kelewat berbahaya.

Verstappen memang jadi sorotan di seri ini lantaran ia tampil menawan sejak sesi latihan bebas. Ia sempat menyodok ke posisi tiga besar sebelum akhirnya mendapat tempat ke-10 di babak kualifikasi. Sayang, strategi pit stop yang kacau membikin pembalap asal Belanda itu terlempar dari posisi 10 besar.

Pembalap remaja berusia 17 tahun itu berambisi memetik poin sehingga ia tak boleh finis lebih dari 10. Akan tetapi, aksi agresif Verstappen yang hendak menyalip pembalap Lotus Romain Grosjean berujung petaka.

Mobil miliknya menabrak jet darat bagian belakang Grosjean sehingga ia hilang kendali dan menyeruduk pagar pembatas lintasan di tikungan Ste Devote di lap ke-63. Atas tindakan membahayakan ini Verstappen dikenai penalti lima grid dalam seri berikutnya di GP Kanada, Juni mendatang.

Massa memang termasuk pembalap yang paling keras bersuara ketika terjadi insiden semacam ini. Maka dari itu, tak seharusnya tim-tim F1 berlaku curang dengan memaksa menggaet pembalap remaja yang belum berpengalaman di dunia balap roda empat.

“Ini menunjukkan jika pengalaman di F1 itu sangat diperlukan. Kecelakaan itu sangat berbahaya. Dia beruntung karena tak terluka. Sejujurnya dia tak dalam posisi tepat untuk melakukan overtake,” terang Massa, dilansir crash.net, Selasa (26/5/2015).

Di sisi lain Verstappen justru menyalahkan Grosjean atas petaka yang menimpanya di Monte Carlo. Selain mendapat hukuman lima grid, ia juga mendapat penalti dua poin untuk izin mengemudi. Rekan Carlos Sainz Jr ini menilai Grosjean mengerem terlalu awal.

“Saya mencoba menghindarinya dan itu terlihat seperti overtake. Dia mengerem terlalu cepat. Padahal seharusnya itu dilakukan kurang dari lima meter sebelum masuk tikungan,” jelas Verstappen. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Kecelakaan yang menimpa pembalap Toro Rosso dan Max Verstappen. JIBI/autosport.com/

Kecelakaan yang menimpa pembalap Toro Rosso dan Max Verstappen. JIBI/autosport.com/

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.