SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (Crash.net)

Formula One 2017 diwarnai dengan Rio Haryanto yang memiliki kesempatan menjadi pembalap utama.

Solopos.com, SAO PAOLO – Di sisa musim ini, Rio Haryanto hanya menjadi pembalap cadangan bagi Manor Racing. Namun peluang pembalap asal Indonesia itu untuk menjadi pembalap utama Manor Racing terbuka lagi pada Formula One 2017.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Hal itu diungkapkan oleh Bos Manor Racing, Dave Ryan. Dia memuji kemampuan Rio dalam separuh musim yang dijalani bersama Manor. Dave menyebut Rio merupakan driver berbakat, kendati dia juga menyebut Rio masih memerlukan lebih banyak jam terbang.

Rio memang sempat menjadi pembalap utama Manor awal musim ini. Namun karena masalah administrasi, Rio pun didepak Manor dan digantikan Estebann Ocon. Pada kelanjutannya, Manor menunjuk Rio sebagai pembalap cadangan.

Menjadi pembalap cadangan sendiri dianggap menjadi sebuah keuntungan bagi Rio. Pembalap asal Solo, Jawa Tengah, itu setidaknya bisa mempelajari mobil yang digunakan. Selain itu, Rio juga berkesemapatan untuk menjajal mobil di jadwal-jadwal uji coba.

Pada saat menjadi pembalap utama, Rio cukup tangguh di babak kualifikasi serta bagus saat pemilihan ban. Itu lah yang dinilai menjadi kelebihan Rio oleh Dave yang merupakan Racing Director dari Manor. Dave pun mengaku tak menutup pintu kesempatan untuk Rio di F1 musim 2017.

“Rio merupakan pembalap yang berbakat. Ia beberapa kali mengalahkan Pascal di babak kualifikasi. Di balapan, Rio hanya butuh sedikit lebih banyak waktu,” ujar Dave di Motorsport yang dikutip Okezone, Rabu (9/11/2016).

“Namun ia pembalap yang sangat cepat. Rio memiliki feeling yang bagus terhadap ban dan seperti yang saya katakan, dia sangat kencang di kualifikasi. Jadi, dia pantas mendapatkan sebuah kesempatan lagi [sebagai pembalap utama] Manor,” tuntas pria asal Selandia Baru tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya