SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (Reuters/Andrew Boyers)

Formula One 2016 GP Inggris diwarnai dengan tergelincirnya Rio Haryanto.

Solopos.com, SILVERSTONE – Rio Haryanto gagal finis di GP Inggris Formula One 2016. Meski begitu, Rio berusaha untuk melihat sisi positif dari hasil balapan yang mengecewakan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016), Rio terhenti di putaran ke-24 dari total 52 putaran. Mobil pembalap Manor Racing itu keluar lintasan dan akhirnya menabrak pagar pembatas. Rio pun lantas tak bisa melanjutkan balapan.

Ekspedisi Mudik 2024

Balapan tersebut memang sempat diwarnai dengan hujan dan membuat kondisi lintasan yang berubah-ubah hingga menyulitkan para pebalap. Lomba dimulai dalam kondisi trek masih basah, tapi kemudian mengering. Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, dan Max Verstappen juga sempat tergelincir meski akhirnya bisa finis. Rekan setim Rio di Manor Racing, Pascal Wehrlein, bahkan harus out di lap-lap awal.

“Di awal, trek sangat basah. Tapi, ketika hujan berhenti trek mulai mengering di setiap lap berikutnya. Dalam jangka hanya 17 lap, dari ban basah kami berpindah ke ban kering. Itu adalah keputusan yang tepat saat itu. Saya hanya menyentuh sedikit bagian trek yang masih basah dan tidak ada yang bisa saya lakukan,” ujar Rio seperti dikutip dari Detik.com, Senin (11/7/2016).

Menurut Rio, dirinya sebenarnya sudah mendapatkan hasil yang cukup oke dalam sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi, terutama dengan mengalahkan Wehrlein. Dia pun mengharapkan hasil yang lebih memuaskan dalam balapan selanjutnya.

“Meski hasil lomba yang dihitung pada akhirnya, perjalanan melewati babak latihan dan kualifikasi juga penting. Kami memiliki akhir pekan yang baik dan khususnya hari Sabtu yang sangat positif, jadi kami harus fokus pada hal-hal yang sudah berjalan dengan baik dan bagaimana menggunakan itu semua untuk maju ke depan di balapan berikutnya. Sekarang, kami tidak bisa banyak berbuat banyak dengan hasil hari ini,” tutur Rio.

Dari sepuluh seri yang telah dilalui Rio di Formula 1 musim ini, ini adalah kali ketiga Rio tak menyentuh garis finis. Seri berikutnya akan dilangsungkan di Hungaria pada 24 Juli mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya