SOLOPOS.COM - Rio Haryanto di kualifikasi GP Australia di Sirkuit Alber Park, Melbourne, Sabtu (19/3/2016). (Istimewa/Manor Racing)

Formula One 2016 menjadi ajang pembuktian Rio Haryanto di dunia balap.

Solopos.com, MELBOURNE — Di Grand Prix Formula One Australia, hari ini, Minggu (20/3/2016), di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Rio Haryanto tak bisa menyelesaikan balapan karena mobilnya mengalami masalah teknis.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Debut kali pertama Rio di laga GP F1 Australia terhenti di lap 19, setelah red flag dikibarkan. Terkait masalah teknis pada mobil Rio Haryanto di GP F1 Australia ini, sebagian warga netizen menuding Manor Racing tidak memfasilitasi Rio dengan mobil berkualitas baik. [Baca juga: Game Over! Debut Rio Haryanto Berakhir di Lap 19]

Pelbagai komentar nyinyir netizen Indonesia pun menyerang akun resmi Manor Racing, @ManorRacing, sesaat setelah Rio diumumkan berhenti.

Special thanks to our fantastic Indonesian fans for your support & understanding. We do appreciate your kind comments [Terima kasih khususnya untuk penggemar Indonesia kami yang fantastis atas dukungan dan pengertiannya. Kami mengapresiasi komentar baik kalian],” tulis akun resmi @ManorRacing, Minggu.

Kicauan terima kasih Manor inilah yang dibanjiri sindiran netizen regional Indonesia. “@ManorRacing pinjemin mobil yg lain gihh,” tulis akun ?@DebbyshintaLova.

“Teknisi @ManorRacing harus memperbaiki mobil Rio di balapan berikutnya. Bagaimana kalian bisa mendorong kuda untuk berlari cepat jika kalian tidak merawatnya sebaik-sebaiknya?” tulis akun Azizan Zamzami , @zizanz.

“@ManorRacing tolong rawatlah pembalap kami. Dia pembalap yang baik tapi sayang sekali mobilnya bobrok,” tulis akun Kevin Julio Lovers , @KejuloversIND.

“@ManorRacing lu ngasih rio onderdil kw kali, makanya mogok, mentang2 bayarnya nyicil trus rio dianaktirikan,” tulis akun Rabbit , @rabbitJKT48.

“@ManorRacing  @RHaryantoracing  aku berharap tidak melihat Rio berakhir seperti Kimi. Kamu [Manor] bukan bayi lagi di F1 aku yakin kalian tahu apa yang harus dilakukan,” tulis akun ?@meigui_hikaru.

“@ManorRacing @RHaryantoracing ntar di qatar kita pake mobil esemka aja deh…????” tulis akun Riven Pellokila, @pellokila_riven.

Tak hanya komentar, netizen juga mengungkapkan kekeselan mereka kepada pihak Manor, lewat gambar kreatif (meme) yang menggelitik dan mengundang tawa.

Meme-meme berikut ini seolah menunjukkan ketidakadilan Manor kepada Rio yang telah mengeluarkan biaya banyak, namun diberi mobil berkualitas rendah. Bahkan, ada meme yang mengolok-olok mobil dari Manor Racing yang dikemudikan Rio tak lebih baik dari metromini atau mobil angkutan desa di Indonesia yang notabene bisa ngebut.

Meme Rio Haryanto di laga GP F1 Australia, Minggu (20/3/2016). (Twitter.com/@IgorCornelius_)

Meme Rio Haryanto di laga GP F1 Australia, Minggu (20/3/2016). (Twitter.com/@IgorCornelius_)

Meme Rio Haryanto setop di lap 19, GP F1 Australia, Minggu (20/3/2016). (Twitter.com/@New_Pavajo)

Meme Rio Haryanto setop di lap 19, GP F1 Australia, Minggu (20/3/2016). (Twitter.com/@New_Pavajo)

Meme Rio Haryanto di Grand Prix Formula One Australia, Minggu (20/3/2016). (Twitter.com/@setantobat_)

Meme Rio Haryanto di Grand Prix Formula One Australia, Minggu (20/3/2016). (Twitter.com/@setantobat_)

Meme Rio Haryanto di laga GP F1 Australia, Minggu (20/3/2016). (Twitter.com/@gilangNAP)

Meme Rio Haryanto di laga GP F1 Australia, Minggu (20/3/2016). (Twitter.com/@gilangNAP)

Sebelum balapan dihentikan, Rio Haryanto masih berada di posisi 18. Sementara itu, rekan setimnya, Pascal Wehrlein, berada di posisi lebih baik, yaitu 13. Rio sendiri mengawali balapan dari posisi 22 dan berhasil menyodok ke posisi 19 pada lap ke-4. Pada lap ke-9, Rio merangkak naik ke urutan 18 dan Wehrlein di posisi 13.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya