SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Formula One 2016 menyajikan kemenangan Nico Rosberg di GP Singapura.

Solopos.com, MARINA BAY – Pembalap Mercedes, Nico Rosberg, berhasil memenangi balapan di GP Singapura Formula One 2016. Rosberg finis terdepan diikuti oleh andalan Red Bull, Daniel Ricciardo yang finis sebagai runner-up.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam balapan yang digelar di Marina Bay Street Circuit, Minggu (18/9/2016) malam WIB Rosberg tidak menang dengan mudah. Dilansir Okezone, Mobil Mercedes F1 W07 Hybrid yang ditumpangi Rosberg sempat mengalami masalah dengan pengereman, ditambah Ricciardo juga menekannya di lap-lap terakhir.

Dengan hasil ini, Rosberg pun memimpin klasemen sementara driver F1 2016 dengan nilai 273. Sementara tandemnya, Lewis Hamilton, turun ke urutan kedua dengan nilai 265. Hamilton sendiri hanya bisa finis ketiga di balapan kali ini.

Pada balapan yang digelar malam hari waktu setempat ini, insiden sudah terjadi sejak awal balapan. Driver Force India, Nico Hulkenberg terlibat insiden tabrakan dengan dua mobil Toro Rosso. Akibatnya, mobil Hulkenberg melintir dan menghantam tembok. Safety car pun langsung masuk ke dalam lintasan akibat insiden tersebut.

Mobil-mobil para driver pun langsung diarahkan lewat pitlane untuk menghindari serpihan mobil Hulkenberg. Saat itu, Rosberg menempati urutan pertama, diikuti Ricciardo, dan Hamilton. Tidak lama setelah restart, Rosberg pun dengan cepat memimpin dan mulai membuka gap waktu dengan para pembalap di belakangnya.

Menjelang lap ke-10, jarak antara Rosberg dan Ricciardo agak mengecil. Namun tak lama kemudian, jarak keduanya membesar lagi menjadi 4,5 detik. Pada lap ke-13, Rosberg memimpin enam detik atas Ricciardo. Tak lama kemudian, Ricciardo dan Hamilton pun sama-sama masuk pit.

Ricciardo kembali ke lintasan dengan menggunakan ban super soft, sementara Hamilton menggunakan ban soft. Sementara itu, pada lap ke-16, Rosberg masuk pit. Sama seperti Hamilton, ia juga menggunakan ban soft setelahnya.

Pada lap ke-18, pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen yang sempat memimpin balapan, akhirnya masuk ke pit. Rosberg pun kembali memimpin balapan. Sementara itu, tandem Raikkonen, Sebastian Vettel ada di posisi kedelapan. Persaingan pun seperti semula kembali. Rosberg memimpin atas Ricciardo yang berada di posisi kedua.

Rosberg memimpin 5,4 detik atas Ricciardo pada lap ke-23. Sementara, Ricciardo memimpin 1,3 detik atas Hamilton yang berada di posisi ketiga. Setelah sempat agak boring, balapan menjadi menarik menjelang lap ke-50. Rosberg diminta untuk terus memacu mobilnya demi menciptakan jarak yang cukup dengan Ricciardo.

Sementara itu, Ferrari berusaha membuat Raikkonen yang berada di posisi keempat saat itu, untuk melewati Hamilton yang berada di posisi ketiga. Ferrari melihat kesempatan ketika Hamilton masuk pit, namun tetap saja setelahnya Hamilton masih berada di depan Raikkonen. Di depan, Ricciardo masuk pit dari posisi kedua. Ini membuat Mercedes meminta agar Rosberg tetap berada di lintasan.

Pada lap ke-49, Ricciardo membuat catatan waktu lebih cepat dari Rosberg, ia berniat untuk menyalip Rosberg ketika pebalap Mercedes itu masuk pit. Namun, Rosberg akhirnya memilih untuk tetap berada di lintasan. Ricciardo terus memangkas waktu dengan Rosberg di depannya.

Dua lap menjelang balapan berakhir, jarak keduanya tinggal tersisa sekitar dua detik saja. Meski begitu, Rosberg tetap berhasil mempertahankan posisinya, meski jarak keduanya hanya terpaut 0,4 detik saja di akhir-akhir balapan. Rosberg jadi juara, diikuti Ricciardo di posisi kedua dan Hamilton di posisi ketiga.

Hasil GP Singapura 2016 (Formula One)

Hasil GP Singapura 2016 (Formula One)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya