SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Formula One 2016 diwarnai dengan Nico Rosberg yang menjadi kandidat juara.

Solopos.com, SUZUKA — Nico Rosberg semakin mendekati gelar juara dunia setelah memenangi GP Formula 1 (F1) di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (9/10/2016). Ini kemenangan kesembilan Rosberg di ajang jet darat musim ini. Dalam sejarah F1, belum ada pembalap yang gagal meraih titel juara dunia seusai mengamankan sembilan kemenangan.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Rosberg kini berjarak 33 poin dari seteru utamanya, Lewis Hamilton yang hanya finis di posisi ketiga di Suzuka. Denga sisa empat balapan, Hamilton tetap tidak akan mampu mengejar Rosberg meski dirinya menyapu bersih kemenangan di sisa seri. Hal itu dengan catatan Rosberg terus finis kedua di belakang Hamilton atau tidak kehilangan poin.

Hamilton tampaknya menyadari makin sulit memertahankan gelar juara dunia di dekapannya. Seusai lomba, Hamilton yang biasa bersikap dingin pada Rosberg justru menyalami rivalnya itu. Hamilton juga menyemprot Rosberg dengan sampanye saat penyerahan piala di podium.

Sinyal kemenangan Rosberg di Suzuka sudah terlihat setelah pembalap Mercedes itu selalu menjadi yang tercepat sejak sesi latihan pertama. Pada hari lomba, Rosberg yang memulai start dari grid pertama menunjukkan konsistensi untuk mengamankan kemenangan ke-23-nya di ajang F1. Rosberg mencatatkan waktu 1 jam 26 menit 43,333 detik.

Hamilton justru bernasib sial sejak awal balapan. Start yang buruk membuatnya tercecer di lap-lap awal setelah start dari posisi kedua. Pembalap Inggris ini kembali kurang beruntung saat berupaya menyalip Max Verstappen untuk meraih posisi dua di lap 52, dua lap jelang akhir balapan.

Alih-alih menyalip pembalap Red Bull tersebut, Hamilton justru keluar lintasan meski akhirnya bisa kembali ke trek dan finis di posisi tiga. Disinggung tanggapan mengenai Verstappen yang mati-matian mempertahankan posisi, Hamilton mengaku tak memermasalahkannya. “Semua sudah selesai. Saatnya berpikir ke depan,” ujarnya seperti dilansir autosport.com, Minggu.

Sementara itu Rosberg mengaku senang akhirnya dapat menaklukkan Sirkuit Suzuka. Sebelumnya Rosberg belum pernah memenangi GP Jepang meski beberapa kali meraih pole position. Selain membawanya selangkah menuju juara dunia, hasil itu membuatnya sejajar dengan Nelson Piquet yang meraih 23 kemenangan. “Sangat luar biasa dapat menang di trek legendaris,” ujarnya.

Rosberg juga mengucapkan selamat pada Mercedes yang memastikan gelar juara dunia konstruktor meski balapan masih tersisa empat seri. Mercedes mengumpulkan 593 poin, jauh meninggalkan Red Bull di posisi kedua dengan 385 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya