SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (Detik)

Formula One 2016 diikuti pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto.

Solopos.com, JAKARTA – Panitia lomba Australia Grand Prix menghukum pembalap Formula 1 Indonesia Rio Haryanto sebanyak tiga posisi atau posisi 22 pada perlombaan di Sirkuit Albert Park, Melbourne, yang akan digelar pada Minggu (20/3/2016) setelah mobil MRT05 Rio menabrak mobil Romain Grosjean.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Panitia Australia Grand Prix, seperti tercantum dalam situs resmi Formula 1, Sabtu (19/3/2016), menilai Rio bersalah karena menabrak mobil Grosjean dari tim Haas pada permulaan sesi latihan bebas terakhir.

Tim Manor Racing melepaskan Rio dari garasi ke jalur Grosjean yang berada dalam pit-lane dan menyebabkan kedua mobil bertabrakan dan saling terbelit.

Petugas investigasi Formula 1 menilai Rio tidak memperhatikan mobil Grosjean yang mendekatinya pada jalur cepat pit-lane.

Tidak hanya disanksi tiga posisi, Rio juga mengakhiri sesi latihan resmi dengan posisi buntut 22 dengan catatan waktu terbaik satu menit 29,272 detik.

Mobil MRT05 langsung mendapatkan sayap depan baru setelah tabrakan dengan mobil Grosjean. Sedangkan mobil pebalap Prancis itu didorong kembali ke garasi untuk perbaikan bagian dasar dan bodi mobil.

Para mekanik dari kedua tim langsung ribut di sekitar mobil itu untuk beberapa waktu sambil berusaha melepaskan mobil masing-masing dan Grosjean dapat mengambil jalan memutar menuju garasi Haas.

Sesi latihan terakhir berakhir pukul 15.00 waktu setempat atau 11.00 WIB dan diikuti sesi kualifikasi mulai pukul 17.00 waktu setempat atau pukul 13.00 WIB.

Selisih waktu yang diraih Rio dalam sesi latihan bebas terakhir mencapai 3,648 detik dari catatan waktu terbaik pembalap unggulan pertama tim Mercedes Lewis Hamilton.

Rekan Rio dalam tim Manor Racing Pascal Wehrlein menempati posisi 21 dengan waktu tercepat 1 menit 29,046 detik atau selisih 0,226 detik dari waktu terbaik Rio.

Rio Haryanto langsung terliminasi dari sesi kualifikasi Q1 Formula 1. Namun catatan waktunya lebih cepat dari rekan setimnya, Pascal Wehrlein.

Seperti dilansir detikcom, Aturan dalam Formula 1 menyatakan bahwa dari 22 pebalap yang ikut kualifikasi, 7 pebalap dengan catatan waktu paling lambat akan tereliminasi di Q1. Sementara sisa 15 pebalap lainnya akan mengikuti Q2.

Sesi Q1 berlangsung selama 15 menit. Eliminasi pertama dilakukan pada menit ketujuh dan setelahnya, satu pebalap tereliminasi setiap 90 detik.

Rio menorehkan catatan waktu 1:29,627 detik dan berada di posisi ke-21. Ia unggul atas rekan setimnya, Wehrlein, yang menorehkan catatan waktu 1:29.642 dan berada di posisi ke-22.

Selain Rio dan Wehrlein, lima pebalap lainnya yang tereliminasi di Q1 adalah Marcus Ericsson (16), Felipe Nasr (17), Daniil Kvyat (18), Romain Grosjean (19), dan Esteban Gutierrez (20).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya