SOLOPOS.COM - Pembalap Red Bull Daniel Ricciardo menjuarai GP Malaysia. (REUTERS/Edgar Su)

Formula One 2016 diwarnai dengan Daniel Ricciardo yang memenangi GP Malaysia.

Solopos.com, SEPANG – Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, berhasil menjadi juara di seri GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (2/10/2016). Ricciardo mengalahkan rekan setimnya, Max Verstappen, dan pembalap Mercedes, Nico Rosberg. Sementara juara bertahan Lewis Hamilton gagal menuntaskan balapan.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Dikutip dari Okezone, pada lap-lap awal, pembalap Ferrari Sebastian Vettel justru sudah harus keluar dari balapan. Vettel terlibat kontak dengan Rosberg. Suspensi depan Vettel pun rusak. Sementara itu di lap pembuka hingga menuju lap kedua, Lewis Hamilton yang start dari posisi terdepan masih memimpin jalannya balapan.

Sedangkan di lap kedelapan, bertambah satu lagi pembalap yang gagal merampungkan balapan. Adalah Romain Grosjean, pembalap tim Haas yang mengalami kerusakan bagian rem di belokan 15. Di lap 15, Sebastian Ocon, pembalap pengganti Rio Haryanto di tim Manor Racing, diganjar penalti lima detik. Ocon dibekap penalti bertahan di pit stop selama lima detik pascamelanggar aturan dilarang mengebut di pit lane.

Sementara itu di lap 16, Hamilton terus memimpin race yang dibuntuti dengan ketat oleh Ricciardo, kemudian disusul Kimi Raikkonen serta Valtteri Bottas di barisan lima pembalap terdepan. Namun posisi itu berubah di lap ke-20. Saat Hamilton dan Raikkonen masuk pit-stop, Riccardo mengambil alih balapan.

Tapi satu lap kemudian, Verstappen yang memimpin balapan usai Riccardo juga harus ke pit. Tapi di lap ke-27, posisi pembalap terdepan kembali dikuasai Hamilton ketika di lap itu Verstappen harus masuk pit-stop juga. Setelah keluar ke lintasan lagi, Verstappen segera bertarung sengit dengan Ricciardo untuk berebut posisi dua di belakang Hamilton.

Di lap ke-38, bahkan Verstappen nampak nyaris mendahului Ricciardo. Pertarungan sengit lainnya juga dijalani Raikkonen dan Rosberg yang saling ngotot demi menguasai posisi keempat. Bahkan di akhir belokan pertama menuju belokan kedua, Rosberg terlibat kontak mobil dengan Raikkonen. Pembalap Ferrari itu pun harus menepi ke pit-stop yang kemudian disusul Rosberg.

Nasib apes harus diterima Hamilton. Saat masih memimpin di lap ke-40, mesin mobil Hamilton meleduk dan harus mengakhiri balapannya. Dari perkiraan awal, Hamilton mengalami problem ICE (Internal Combustion Engine). Sementara Rosberg dibekap penalti 10 detik setelah divonis bersalah menyenggol Raikkonen.

Setelah Hamilton keluar dari persaingan, otomatis kini Riccardo yang memimpin race dengan diikuti rekan setimnya Verstappen. Rosberg juga terus menggeber mobilnya hingga berada di posisi tiga, meski sebelumnya menjalani penalti 10 detik, untuk mendekati duo Red Bull. Meski akhirnya Rosberg harus puas di podium ketiga, sedangkan Ricciardo di podium puncak dan Verstappen runner-up.

Berikut hasil Lengkap F1 GP Malaysia 2016:
1. Daniel Ricciardo [Red Bull] 56 laps / 1h 37m 12.776s
2. Max Verstappen [Red Bull] +2.4s
3. Nico Rosberg [Mercedes] +25.5s
4. Kimi Räikkönen [Ferrari] +28.7s
5. Valtteri Bottas [Williams] +61.5s
6. Sergio Pérez [Force India] +63.7s
7. Fernando Alonso [McLaren] +65.2s
8. Nico Hülkenberg [Force India] +74.0s
9. Jenson Button [McLaren] +81.8s
10. Jolyon Palmer [Renault] +95.4s
11. Carlos Sainz Jr [Toro Rosso] +98.8s
12. Marcus Ericsson [Sauber] +1 lap
13. Felipe Massa [Williams] +1 lap
14. Daniil Kvyat [Toro Rosso] +1 lap
15. Pascal Wehrlein [MRT] +1 lap
16. Esteban Ocon [MRT] +1 lap

Not Classified Rtd.
Felipe Nasr [Sauber]
Lewis Hamilton [Mercedes]
Esteban Gutíerrez [Haas]
Kevin Magnussen [Renault]
Romain Grosjean [Haas]
Sebastian Vettel [Ferrari]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya