SOLOPOS.COM - Nico Rosberg merayakan gelar juara dunia Formula One 2016. (REUTERS/Ahmed Jadallah)

Formula One 2016 diwarnai kabar mengejutkan dari Nico Rosberg.

Solopos.com, MUNICH — Pembalap Nico Rosberg yang baru saja menobatkan diri sebagai juara dunia Formula One (F1) 2016 menyatakan pensiun dari lintasan balapan jet darat. Pernyataan pembalap berusia 31 tahun tersebut jelas menggemparkan karena dia memutuskan mundur ketika dalam puncak karier sebagai pembalap F1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada 2016 ini, Rosberg secara dramatis menjuarai F1 untuk kali pertama dalam kariernya dengan mengungguli rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton.

Masa depan Rosberg di F1 terbilang cerah dengan titel yang diperolehnya itu. Dia menyamai pencapaian ayahnya, Keke Rosberg, yang pernah menjadi juara di ajang balap mobil paling glamor di dunia tersebut pada 1982.

Akan tetapi secara mengejutkan Rosberg memutuskan gantung stir di ajang F1 setelah baru sepekan dinobatkan sebagai juara dunia F1 2016 setelah finis kedua di Grand Prix (GP) Abu Dhabi.

“Saya telah mendaki gunungku, saya berada di puncak, jadi ini rasanya sangat tepat [untuk pensiun],” tulis Rosberg dalam Facebook-nya , seperti dilansir bbc.com, Jumat (2/12/2016).

Rosberg tidak menjelaskan apakah dirinya akan pindah ke ajang lain setelah memutuskan berhenti turun di lintasan F1. Dia juga tidak menjelaskan secara pasti alasannya berhenti di ajang ini.

Padahal dari segi usia, Rosberg tidak tergolong pembalap uzur untuk ukuran driver F1. Sebagai perbandingan, Jenson Button yang juga menyatakan mundur setelah musim 2016 ini gantung stir dalam usia 36 tahun.

Di sisi lain, Rosberg mengisahkan perjuangan beratnya melawan Hamilton dalam dua musim terakhir. Meski dipersatukan di tim yang sama, Rosberg dan Hamilton harus bersaing sengit memperebutkan gelar juara dunia.

Pada 2015, Rosberg secara legawa harus menyerahkan titel yang nyaris didapatnya terbang ke tangan rival setimnya itu. Namun musim ini Rosberg mampu menebus kegagalannya dengan mengalahkan Hamilton untuk menggapai gelar juara dunia.

Penentuan juara dunia 2016 terjadi secara dramatis pada balapan seri terakhir di GP Abu Dhabi. Rosberg unggul tipis lima pion atas Hamilton pada klasemen terakhir pembalap untuk menahbiskan diri sebagai juara di lintasan jet darat.

“Sulit rasanya dijelaskan. Sejak usia enam tahun, saya memiliki mimpi dan menjadi kenyataan sebagai juara dunia F1. Saya sudah mendapatkannya. Saya mewujudkan itu setelah 25 tahun mengarungi dunia balap dan banyak dibantu orang-orang di sekitarku, fans, rekan setim, keluarga, dan teman. Ini pengalaman luar biasa untukku dan akan selalu saya kenang selamanya,” jelas dia, seperti dilansir autosport.com.

“Di satu sisi, ini sangat, sangat berat, juga karena dua tahun kalah dari Lewis, benar-benar berat bagiku, memicu motivasi meski saya tidak tahu bagaimana harus berjuang kembali namun akhirnya meraih mimpiku,” jelas Rosberg.

Sehari sebelum Rosberg menyatkan pensiun, Hamilton menyatakan rekan setimnya itu memang pantas mendapat gelar juara dunia. “Kami bilang, kami sama-sama juara dunia, sekarang kami mewujudkannya. Selamat Nico, kamu sudah melakukan segalanya untuk menjadi juara dunia. Sangat layak,” ujar Hamiltom, seperti dikutip reuters.com.

Karier Nico Rosberg

Lahir: Wiesbaden, 27 Juni 1985

Usia: 31 tahun

-Karier di F1
Tim:
Williams (2006-2009)
Mercedes (2010-2016)
-PENCAPAIAN
Race: 206 (Start Race)
Juara Dunia: 1 (2016)
Juara Race: 23
Podium: 57
Poin Karier: 1.594,5
Pole Position: 30
Lap Tercepat: 20
-DEBUT RACE: GP Bahrain pada 2006
-MENANG RACE PERTAMA: GP Tiongkok pada 2012
-MENANG RACE TERAKHIR: GP Jepang pada 2016
-RACE TERAKHIR: GP Abu Dhabi pada 2016
Sumber: F1-fansite.com/wikipedia.org. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya