SOLOPOS.COM - Menpora Imam Nachrawi (kedua kiri) mengangkat tangan Pembalap GP2 Series dari tim Campos Racing, Rio Haryanto (kiri) disaksikan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (kanan), Ayahanda Rio Sinyo Haryanto (kedua kanan) seusai menghadap Presiden Joko Widodo di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/8). JIBI/Antara/Yudhi Mahatma

Formula One 2016 belum aman bagi Rio Haryanto. Namun, rencana Menpora membantu dengan pemotongan gaji PNS dikritik Wapres JK.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku siap melakukan pemotongan gaji terhadap dirinya dan PNS di Kemenpora secara sukarela untuk membantu pendanaan Rio Haryanto di ajang Formula 1.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai rencana menghimpun dana untuk kompetisi internasional itu memang baik. Namun, kata dia, Menpora tak perlu berlebihan hingga mengorbankan kesejahteraan karyawan yang memiliki penghasilan minim.

“Ya baguslah, tapi jangan pula mengorbankan anak buah yang gajinya tidak terlalu besar itu,”ujarnya di Kantor Wakil Presiden, Rabu (2/3/2016).

Menurut dia, penggalangan dana seharusnya dilakukan oleh para pengusaha nasional yang memiliki kemampuan finansial mumpuni. Lagi pula, lanjutnya, masih banyak olahraga lain yang juga membutuhkan dukungan.

“Ya mestinya para pengusaha lah. Sebagai contoh mungkin baik, tapi jangan berlebihan juga lah. Iya, banyak olahraga lain juga kan,” sambungnya.

Saat ini, Rio Haryanto masih membutuhkan sekitar 7 juta euro atau sekitat Rp100 miliar untuk mengamankan posisinya sebagai salah satu pebalap Tim Manor Racing. Guna memenuhi persyaratan finansial untuk kompetisi kelas dunia itu, Menpora berinisiatif mengambil kebijakan pemotongan gaji pegawai Kemenpora yang bersifat sukarela.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya