SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Formula One 2016 diwarnai denga peluncuran mobil baru tim Mercedes.

Solopos.com, BARCELONA – Mercedes resmi meluncurkan mobil W07 Hybrid, Minggu (21/2/2016). Tidak banyak perubahan diusung Mercedes di mobil anyar yang akan mereka andalkan untuk mempertahankan gelar juara dunia di balapan Formula One (F1) 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebenarnya, mobil W07 telah diuji di Sirkuit Silverstone, Inggris, Jumat (19/2/2016). Namun, mobil yang didominasi warna silver khas Petronas itu baru akan melakoni debut resmi di lintasan pada tes pramusim di Barcelona, Spanyol, Senin (22/2/2016). Dua pembalap andalan Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton, diberi kesempatan menjajal mobil anyar itu dalam empat hari tes di Barcelona.

Executive Technical Director Mercedes, Paddy Lowe, mengatakan W07 didesain dengan “revolusi mini”. Mercedes sengaja membuat mobil baru dengan meniru model mobil mereka di dua musim sebelummnya. Sebab, dua model mobil lama itu telah terbukti berhasil membawa Mercedes mendominasi balapan sejak terjadi perubahan regulasi teknik pada F1 musim 2014 dengan pengenalan power units V6 Hybrid.

“Perbedaan di [mobil] 2016 tidak terlalu banyak karena hanya akan ada dua sesi tes [pramusim], tapi kedua tes itu sangat dekat dengan balapan pertama musim ini. Ini tentu saja mengurangi kesempatan kami untuk memperbarui mobil dari peluncuran spec untuk balapan pertama,” kata Lowe, seperti dilansir Crash.net, Minggu (21/2/2016).

Kendati dibuat dengan mini revolusi, bukan berarti tidak ada perubahan signifikan pada mobil anyar Mercedes. Tim yang bermarkas di Inggris itu merombak bodywork mobil dengan kemasan format mesin anyar serta konsep suspensi berbeda. Mereka juga menambahkan pipa knalpot anyar dari turbo yang diharapkan mampu membuat mesin lebih keras. Mercedes juga meningkatkan keamanan pembalap di kokpit.

“Perubahan struktur terbesar adalah pada sasis di mana kami meningkatkan area perlindungan 20 mm di sekitar pembalap dan meningkatkan dampak beban uji dari 15 menjadi 50 kN [kilonewtons],” terang Lowe.

“Kami mendapatkan sejumlah hasil balapan yang tidak sesuai rencana pada 2015, [GP] Singapura salah satunya. Jadi, banyak hal yang perlu kami tingkatkan untuk 2016. Kami mencari optimasi di segala aspek. Tujuan kami adalah untuk mengevaluasi seluruh area yang membuat kami meraih hasil fantastis tahun lalu, serta meningkatkan banyak area yang masih bisa menjadi lebih baik,” tutur Lowe.

Mercedes bukan satu-satunya tim yang meluncurkan mobil sehari menjelang tes pramusim di Barcelona. Pada waktu bersamaan, McLaren-Honda juga menebar optimisme menyambut kompetisi musim ini dengan memperkenalkan mobil anyar mereka, MP4-31, yang mempertahankan ciri khas mobil mereka musim lalu.

“Sebagaimana kami memasuki tahun kedua dalam hubungan McLaren-Honda, kami tetap bersatu pada tujuan. Tujuan itu adalah untuk meningkatkan tim dan membagi ambisi, yakni kemenangan,” ujar CEO McLaren, Ron Dennis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya