FORMULA ONE 2016 : GP Meksiko: Hamilton Juara Hingga Insiden Vettel Batal Podium
Lewis Hamilton (tengah) bersama Nico Rosberg (kiri) dan Sebastian Vettel (kanan) di GP Meksiko (REUTERS/Henry Romero)

Formula One 2016 GP Meksiko dimenangi Lewis Hamilton.

Solopos.com, MEXICO CITY — Lewis Hamilton menjaga peluang meraih gelar juara dunia Formula 1 (F1) 2016 seusai memenangi GP Meksiko di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Senin (31/10/2016) dini hari WIB. Namun, bukan kemenangan itu yang menjadi berita panas seusai balapan di Mexico City.

Sikap Sebastian Vettel menjadi yang paling disorot setelah kedapatan mengumpat pada Direktur Balapan FIA Charlie Whiting. Vettel juga bernasib sial lantaran terkena hukuman penalti 10 detik dan harus merelakan podium ketiganya diambil alih Daniel Ricciardo. Vettel yang melorot ke posisi lima dinilai melakukan manuver berbahaya ketika akan disalip oleh Ricciardo dalam balapan.

Vettel sebenarnya finis di posisi keempat di GP Meksiko. Namun, Vettel sempat naik ke peringkat ketiga dan merayakan pemberian piala di podium. Hal itu setelah Max Verstappen yang finis di posisi ketiga mendapat penalti lima detik.

Namun, momen keberuntungan ini hanya bertahan beberapa jam setelah pengawas lomba memutuskan penalti yang sama bagi Vettel. Hilangnya keberuntungan Vettel agaknya berawal dari perilakunya sendiri. Saat balapan, dia sempat memaki dan mengucapkan kata-kata kasar pada Direktur Balapan FIA Charlie Whitting via radio tim.

Waktu itu Vettel tengah memperebutkan posisi ketiga bersama duo Red Bull, Verstappen dan Ricciardo. Vettel kesal karena Whitting tidak meminta Verstappen memberinya jalan setelah Verstappen keluar lintasan untuk mempertahankan posisi ketiga di tiga lap jelang finis.

Crash.net mencuplik percakapan Vettel dengan timnya di radio. “Minggir, minggir. F**k, ya ampun. F**k dengan dirinya [Verstappen], seperti itulah dia. Apa cuma aku yang melihat ini, atau kalian luput melihatnya? Ia mendorongku ke arah Ricciardo? F**k,” ujar Vettel.

“Charlie [Whitting] bilang [suara di radio tidak jelas],” ujar kru Ferrari. “Ini pesan buat Charlie. F**k off! F**k off!,” balas Vettel.

“Dia [Verstappen] harus menyerahkan posisinya, titik,” sambung Vettel. “Charlie bilang tidak,” jawab kru Ferrari.

Ini kali kedua Vettel bermasalah dengan mulutnya hanya dalam dua hari. Sebelumnya pembalap Ferrari itu mengatai Fernando Alonso dengan sebutan idiot saat sesi latihan bebas kedua.

Verstappen mengaku tak habis pikir dengan perangai buruk Vettel. Dia menyarankan Vettel untuk kembali bersekolah.

“Saya tidak tahu seberapa sering dia menggunakan bahasa yang buruk. Saya pikir dia harus kembali ke bangku sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, kemenangan di Meksiko membuat Hamilton menyamai rekor legenda Prancis Alain Prost dengan 51 kemenangan di F1. Hamilton juga semakin menipiskan jarak dengan Rosberg dalam perebutan gelar juara dunia menjadi hanya 19 poin. Kans Hamilton masih sangat terbuka mengingat masih ada dua balapan sisa di Brasil dan Abu Dhabi.

Well, yang paling penting adalah tim. Hari ini luar biasa. Fantastis!,” ujar Hamilton.

Hasil GP Meksiko, Senin (31/10/2016) dini hari WIB
No Pembalap Tim Waktu
1. Lewis Hamilton Mercedes 1 jam 40 menit 31,402 detik
2. Nico Rosberg Mercedes +8,3 detik
3. Daniel Ricciardo Red Bull +20,8 detik
4. Max Verstappen Red Bull +21,3 detik*
5. Sebastian Vettel Ferrari +27,3 detik**
6. Kimi Raikkonen Ferrari +49,3 detik
7. Nico Hulkenberg Force India +58,8 detik
8. Valtteri Bottas Williams +65,6 detik
9. Felipe Massa Williams +76,2 detik
10. Sergio Perez Force India +76,7 detik
Keterangan
*Max Verstappen mendapat penalti lima detik
**Sebastian Vettel mendapat penalti 10 detik



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom