SOLOPOS.COM - Lewis Hamilton di GP Austria. (REUTERS/Dominic Ebenbichler)

Formula One 2016 GP Austria dimenangkan Lewis Hamilton.

Solopos.com, SPIELBERG – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasil menjadi juara GP Austria Formula One 2016. Dia mengungguli Max Verstappen dan Kimi Raikkonen. Sedangkan pembalap Indonesia, Rio Haryanto, finis paling belakang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (3/7/2016), malam WIB, Lewis Hamilton yang merebut pole position langsung tancap gas di awal lap. Kemudian diikuti oleh Nico Hulkenberg, dan Jenson Button.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada perkembangannya persaingan ketat tersaji. Vettel dan Rosberg mampu menyodok ke barisan terdepan dan menguntit posisi Hamilton. Hal serupa juga dilakukan Mark Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Pada putaran ke-25 Vettel berhasil menduduki posisi terdepan. Tapi tak lama kemudian dia malah tergelincir dan menabrak diniding pembatas. Hal itu membuat Nico Rosberg menjadi pembalap terdepan dan diikuti oleh Hamilton.

Memasuki putaran ke-35, Rosberg masih berada di posisi pertama. Hamilton menguntit di posisi kedua dengan selisih waktu hanya 0,2 detik. Kemudian Verstappen yang berada di posisi ketiga berjarak 1,4 detik dengan Rosberg.

Sementara itu, pembalap Indonesia Rio Haryanto, berada di posisi ke-19. Dia hanya unggul dari rekan satu timnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein, yang berada di posisi ke-20 alias buncit.

10 lap kemudian, posisi belum berubah denga Rosberg tetap berada di depan. Dia terus diikuti Hamilton, Verstappen, Ricciardo dan Raikkone. Sedangkan Rio berhasil naik ke peringkat ke-18, namun dia berada di bawah rekan setimnya, Wehrlein.

Memasuki lap ke-58, Max Verstappen menjadi pembalap terdepan dengan mengungguli Rosberg dan Hamilton. Berada di peringkat keempat dan kelima adalah Raikkonen dan Ricciardo. Sementara Rio Haryanto justru menjadi pembalap paling belakang. Tapi tak lama berselang Rosberg mampu mencuri kembali posisi terdepan dari Verstappen.

Di lap-lap terakhir persaingan ketat terjadi antara dua pembalap Mercedes, Rosberg dan Hamilton. Bahkan keduanya sempat bersenggolan di putaran terakhir. Rosberg kemudian memimpin, tapi mengalami masalah. Bannya mengeluarkan percikan api.

Hamilton pun mengambil kesempatan itu. Sementara Rosberg turun ke posisi keempat. Hamilton pun akhirnya mengunci gelar juara GP Austria Formula One 2016, diikuti oleh Verstappen, Raikkonen, dan Rosberg. Sementara Rio Haryanto harus puas finis di posisi ke-16 alias buncit, sementara rekan setimnya di Manor Racing Pascal Wehrlein mendapat poin pertama dengan finis di posisi ke-10.

Berikut hasil Formula One 2016 GP Austria:
1. Lewis Hamilton
2. Max Verstappen
3. Kimi Raikkonen
4. Nico Rosberg
5. Daniel Ricciardo
6. Jenson Button
7. Roman Grosjean
8. Carlos Sainz
9. Valeri Bottas
10. Pascal Wehrlein
11. Esteban Gutierrez
12. Jolyon Plamer
13. Felipe Nasr
14. Kevin Magnussen
15. Markus Ericsson
16. Rio Haryanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya