SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (Instagram.com)

Formula One 2016 akan diikuti Rio Haryanto.

Solopos.com, SOLO — Pembalap asal Solo, Rio Haryanto, resmi dikontrak tim Manor Racing di ajang Formula One 2016. Rio pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya, tim Manor Racing mengumumkan resmi mengontrak Rio Haryanto, lewat akun Twitter-nya. “Kabar bagus! Kami telah mengontrak Rio Haryanto untuk mengisi mobil kedua kami. Line up pembalap muda dan lapar kami sudah komplet,” demikian kicau official account Manor Racing, dilansir Detik, Kamis (18/2/2016).

Keberhasilan  Rio Haryanto masuk sebagai pembalap di Manor Racing F1, dengan nomor 88 ini, menjadi kabar bahagia untuk dunia olahraga Indonesia. Lewat akun Twitter-nya, Rio mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya.

“Indonesian Formula 1 Driver. Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia yg telah mendukung,” tulis ?@Rharyantoracing.

“Merupakan hari besar di sini di Jakarta. Saya benar-benar tersentuh oleh dukungan yang luar biasa dari Indonesia dan pihak-pihak lain yang mendukung saya,” tulis Rio lagi.

Menyambut laga di Manor Racing F1, pada Jumat (19/2/2016), Rio dikabarkan terbang ke Barcelona.

“Hari ini Rio Haryanto terbang ke Barcelona. Pebalap yg didukung Pertamina ini menyongsong tes perdana F1 musim 2016 di Circuit de Catalunya,” tulis @pertaminaracing.

Sebelumnya, Rio sempat terkendala soal administrasi terutama dana. Pasalnya, Manor menginginkan Rio membayar uang kontrak senilai 15 juta euro atau sekitar Rp225 miliar.

Pelbagai upaya dilakukan Rio untuk mendapatkan nilai kontrak tersebut. Pemerintah bahkan turun tangan, dan akhirnya Rio dipersilakan membayar 3 juta euro atau Rp45 miliar sebagai uang muka.

Dengan membayar untuk kontrak tersebut, Rio menjadi pay driver (pembalap yang berlaga dengan membayar ke tim) ke sekian yang berlaga di F1, setelah Fernando Alonso dan Michael Schumacer.

Kesempatan Rio membalap di F1 bersama Manor memang semakin terbuka beberapa waktu lalu setelah Will Stevens mengundurkan diri sebagai pembalap Manor. Hingga akhirnya dia dipilih, Manor sebelumnya sudah mengontrak satu pembalap yakni Pascal Wehrlein asal Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya