SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Formula One 2016 akan diikuti Rio Haryanto.

Solopos.com, SOLO – Rio Haryanto akhirnya bisa berlaga di ajang Formula One 2016. Dia resmi dikontrak tim Manor Racing. Tim yang bermarkas di Inggris itu resmi mengumumkan Rio sebagai pembalapnya lewat akun resmi Twitter mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kabar bagus! Kami telah mengontrak Rio Haryanto untuk mengisi mobil kedua kami. Line up pembalap muda dan lapar kami sudah komplet,” demikian kicau akun resmi Manor Racing yang dilansir Detik.com, Kamis (18/2/2016).

Konfirmasi dari Manor ini seakan mengakhir cerita panjang Rio yang ingin menuju F1. Sebelumnya pembalap asal Solo, Jawa Tengah, itu terkendala sejumlah administrasi terutama dana. Manor menginginkan Rio membayar uang kontrak senilai 15 juta euro atau sekita Rp225 miliar.

Berbagai upaya dilakukan Rio untuk mendapatkan nilai kontrak tersebut. Pemerintah bahkan turun tangan, dan akhirnya Rio dipersilakan membayar 3 juta euro atau Rp45 miliar sebagai uang muka. Dengan membayar untuk kontrak tersebut, Rio menjadi pay driver (pembalap yang berlaga dengan membayar ke tim) ke sekian yang berlaga di F1, setelah Fernando Alonso dan Michael Schumacer.

Kesempatan Rio membalap di F1 bersama Manor memang semakin terbuka beberapa waktu lalu setelah Will Stevens mengundurkan diri sebagai pembalap Manor. Hingga akhirnya dia dipilih. Manor sebelumnya sudah mengontrak satu pembalap yakni Pascal Wehrlein asal Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya