SOLOPOS.COM - Niki Lauda Dukung FIA Hukum Romain Grosjean. (REUTERS/JIBI)

Niki Lauda Dukung FIA Hukum Romain Grosjean. (REUTERS/JIBI)

BRUSSELS–Mantan pembalap Formula One (F-1), Niki Lauda mendukung keputusan Federasi Balap Motor Dunia (FIA) yang menjatuhkan larangan tampil sebanyak satu kali kepada Romain Grosjean. Pembalap Lotus ini dilarang tak bisa turun dalam adu kebut jet darat Seri Italia, di Sirkuit Monza, Minggu (9/9/2012).
Grosjean mendapat hukuman setelah dinilai memicu kecelakaan hebat yang terjadi di tikungan pertama F-1 GP Belgia, Minggu (2/9/2012).
Usai kecelakaan itu terjadi, banyak pihak yang berpendapat bahwa Lewis Hamilton (McLaren) lah yang harusnya disalahkan atas peristiwa tersebut. Namun, Lauda yang merupakan tiga kali juara dunia, tidak terpengaruh oleh pendapat-pendapat tersebut.
Setelah kecelakaan, banyak yang menganggap insiden merupakan kesalahan pembalap McLaren, Lewis Hamilton. Namun, hasil rekaman dan Lauda berkata lain.
“Saya tak pernah melihat aksi sebodoh itu,” ujar Lauda dilansir totalf1.com, Selasa(4/9/2012).
“Sejujurnya, jika saya yang membuat keputusan, maka akan melarangnya tampil dua kali,  supaya dia bisa merenungkan tindakannya. Itu adalah aksi yang paling berbahaya,” imbuh pembalap di era 1970an ini.
Mantan juara dunia tiga kali ini mengaku, aksi Grosjean tergolong nekad. Pembalap kelahiran Swiss yang kini berkewarganegaraan Prancis itu dinilai Lauda sengaja menempel mobil Hamilton,sehingga keluar tikungan hingga menabrak Sergio Perez dari Sauber dan Fernando Alonso dari Ferrari.
Sementara itu, dilansir themotorreport.com, tim Lotus kemungkinan besar akan  menurunkan Jerome d’Ambrosio sebagai pengganti Grosjean di Monza. D’Ambrosio sudah tak asing bagi Lotus, karena merupakan pembalap ketiga, setelah Kimi Raikkonen dan Grosjean.
Pengumuman nama pengganti Grosjean ini baru secara resmi akan diumumkan bos Lotus,  Eric Boullier, dalam waktu dekat. “Kami akan mengumumkan nama pengganti (Grosjean) secepatnya, pekan ini,” ujar Boullier.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya