SOLOPOS.COM - Ilustrasi mendengarkan musik (Today.com)

Inilah pengganti format audio MP3 yang segera hilang.

Solopos.com, SOLO – Musik bisa mengubah suasana hati dan membuat seseorang lebih bersemangat menjalankan berbagai aktivitas. Biasanya, berbagai musik yang diputar itu berformat MP3. Namun, dalam waktu dekat format audio tersebut akan segera menghilang dari peredaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir COS News, Selasa (23/5/2017), The Frauhofer Institute, lembaga yang melahirkan MP3, memutuskan untuk menghapus format audio tersebut karena dianggap tak sesuai dengan perkembangan zaman. Sebagai gantinya, mereka akan meluncurkan format audio baru, Advanced Audio Codec (AAC). Format audio baru itu diklaim memiliki kualitas yang lebih baik daripada MP3.

Perubahan format audio itu dilakukan lantaran kualitas MP3 tak lagi mampu mengimbangi perkembangan teknologi. Saat ini, berbagai penyedia layanan streaming, televisi, hingga radio pun telah menggunakan format audiovisual baru yang lebih modern.

“Lihat saja, saat ini produk visual memiliki kualitas high definition yang sangat bagus. Bahkan, produk visual bisa dikirm dalam format yang lebih tinggi. Sementara audio berformat MP3 bisa dikatakan tidak cocok dengan kebutuhan audio kualitas tinggi,” tutur juru bicara The Frauhofer Institute.

Lebih lanjut, pengembang mengatakan penghapusan format audio MP3 memang tak bisa terelakkan lagi, mengingat munculnya Ipod dan Iphone. Kedua perangkat elektronik yang dilengkapi dengan pemutar musik itu memiliki format audio terbaru, AAC.

AAC bahkan menjadi tipe file yang banyak dipakai di situs streaming musik seperti spotify. Kualitas audio terbaru pada layanan tersebut tentu jauh lebih baik daripada MP3. Meski segera menghilang, musik berformat MP3 yang sudah terunduh pada gadget tetap bisa Anda nikmati. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya