Tutup Iklan

Format Liga 2: Home Tournament 4 Grup, Durasi 6 Bulan

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan operator akan melakukan drawing untuk pembagian empat grup di fase awal.

 Liga 2 (Instagram)

SOLOPOS.COM - Liga 2 (Instagram)

Solopos.com, SOLO—PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar Liga 2 2021 dengan format empat grup dan berlangsung selama enam bulan. Sepak bola kompetisi kasta kedua di Indonesia itu rencananya digelar dua pekan setelah dimulainya Liga 1, awal Juli. Saat ini PT LIB masih mematangkan format kompetisi yang akan diikuti oleh 24 tim tersebut.

Persis Solo menjadi salah satu tim yang akan bertarung di ajang tersebut. Laskar Sambernyawa diprediksi menjadi salah satu tim yang diperhitungkan bersama Sriwijaya FC, PSMS Medan, Semen Padang, RANS Cilegon FC, Dewa United, dan PSIM Jogja.

Press Officer Persis, Bryan Barcelona, mengaku belum mengetahui kepastian jadwal kompetisi sejauh ini. Pihaknya juga belum mendapat kabar ihwal format kompetisi yang bakal diberlakukan.

Liburan Tiba, Sanksi Menanti Pemain Persis Solo yang Kegemukan

“Namun sudah ada komunikasi dengan PSSI untuk menyiapkan hal-hal administratif seperti pendaftaran pemain,” ujar Bryan kepada Solopos.com, Selasa (4/5/2021).

Ihwal kompetisi, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan operator akan melakukan drawing untuk pembagian empat grup di fase awal. Menurut Akhmad, durasi kompetisi bisa sekitar enam bulan mengingat potensi jumlah pertandingan yang cukup banyak. “Namun ini masih rancangan, belum ditetapkan PSSI,” ujar Akhmad.

Pada Liga 2 2019, operator masih memberlakukan kompetisi dengan format dua wilayah. Pembagian empat grup dengan sistem home tournament menjadi salah satu bagian adaptasi terhadap pandemi Covid-19.

Pasoepati Dorong Pemain Lokal Diakomodasi

Format tersebut dinilai PT LIB lebih pas diterapkan di masa pandemi karena pertandingan hanya terpusat di empat daerah. Dari aspek infrastruktur, format itu juga dinilai menguntungkan mengingat tidak semua klub Liga 2 punya stadion yang memadai.

“Tantangannya bagaimana menyelenggarakan pertandingan yang lebih berkualitas. Kebanyakan infrastruktur stadion Liga 2 belum bisa disesuaikan dengan protokol kesehatan,” imbuh Akhmad.


Berita Terkait

Berita Terkini

Debut Gagal Jacksen F. Tiago di Persis Solo

PSCS Cilacap membuka peluang lolos melaju ke babak delapan besar jika PSIM Jogja kalah melawan Persijap Jepara pada Selasa (30/11/2021) malam.

LIVE Persis Solo vs PSCS Cilacap: Laga Selesai, Persis Kalah 1-2

Persis Solo menantang PSCS Cilacap pada laga terakhir fase grup Liga 2. Persis sudah memastikan diri sebagai juara grup dan lolos ke babak 8 Besar.

Persijap vs PSIM: Misi Laskar Mataram Amankan Tiket 8 Besar

PSIM Jogja harus meraih poin di laga terakhir putaran kedua melawan Persijap Jepara untuk mengamankan satu tiket lolos ke babak delapan besar.

PSIP Pemalang & Persak Kebumen Lolos Semifinal Liga 3 Jateng

PSIP Pemalang dan Persak Kebumen memastikan tiket ke babak semifinal Liga 3 Jawa Tengah (Jateng) dari Grup F.

Susunan Pemain Persis Solo vs PSCS Cilacap: Beto Cadangan!

Persis Solo akan melawan PSCS Cilacap dalam lanjutan Grup C Liga 2.

Nyesek! PSISa Gagal ke Semifinal Liga 3 Jateng Setelah Dikalahkan PSIR

PSISa Salatiga dipastikan gagal melaju ke babak semifinal Liga 3 Zona Jateng setelah kalah dari PSIR Rembang.

Prediksi PSG Pati vs HWFC, Siapa Degradasi?

Tim milik Atta Halilintar, PSG Pati, akan menghadapi tim Muhammadiyah, Hizbul Wathan FC, pada laga pamungkas Grup C Liga 2 di Stadion Manahan, Solo.

Pasoepati Tak Jadi Kawal Skuat Persis Solo ke Stadion Manahan

Pendukung Persis Solo, Pasoepati, dipastikan batal mengawal kesebelasan kesayangan mereka dari mes ke Stadion Manahan untuk menjalani laga terakhir grup C Liga 2.

Tonton! Ini Link Streaming Persis Solo vs PSCS Cilacap

Selain disiarkan langsung oleh stasiun televisi Indosiar, duel Persis Solo melawan PSCS Cilacap juga bisa disaksikan secara streaming melalui aplikasi vidio.com.

Akan Tegur Kaesang, Gibran Tegas Larang Konvoi Kawal Persis Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akan menegur adiknya, Kaesang Pangarep yang mengajak suporter Persis Solo mengawal perjalanan klub Laskar Samber Nyawa dari mess menuju Stadion Manahan untuk berlaga pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup C Liga 2, Senin (29/11/2021) sore.

Pasoepati Umumkan Konvoi Suporter Kawal Persis Solo Bersama Kaesang

Laman Instagram resmi suporter tim sepakbola Persis Solo, Pasoepati.net merilis pernyataan bahwa mereka diizinkan mengawal klub Laskar Sambernyawa berlaga pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup C Liga 2, Senin (29/11/2021) sore.

Ingat Lur! Persis Solo vs PSCS Cilacap Disiarkan Indosiar Malam Ini

Laga terakhir Grup C Liga 2 akan mempertemukan Persis Solo vs PSCS Cilacap. Laga ini sudah tak berarti bagi Persis, namun sangat penting bagi PSCS.

Prediksi Persis Solo vs PSCS Cilacap: Laga Penutup Fase Grup!

Persis Solo akan menghadapi PSCS Cilacap pada laga terakhir fase grup Liga 2. Pertandingan ini akan dilangsungkan di Stadion Manahan, Solo.

Jadwal Liga 2: Persis Solo Main Malam Ini Lur!

Liga 2 akan memainkan pertandingan terakhir di fase grup. Sejumlah tim memerlukan poin untuk melaju ke babak 8 Besar.

Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Persaingan Papan Atas Ketat!

Liga Premier Inggris telah menyelesaikan peryandingan di pekan ke-13. Sejumlah tim top berhasil meraih kemenangan dan membuat persaingan di papan atas klasemen ketat.

Bamsoet: Ajang Balap Formula E Jalan Terus!

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, tiap anggaran yang telah dipakai untuk ajang balap Formula E harus kembali untuk rakyat.