SOLOPOS.COM - Tampilan truk listrik Ford F-150 Lightning. (ford.com)

Solopos.com, SOLO – Sejak Januari 2016, Ford telah menutup kegiatan operasinya di Indonesia. Apa kabar? Pelaku industri otomotif tersebut ternyata meluncurkan truk bertenaga listrik yang diadopsi dari desain 44 tahun silam.

Truk itu adalah F-150 Lightning. F-Series merupakan truk terlaris di Amerika selama 44 tahun terakhir. Diluncurkannya F-150 Lightning itu menandai generasi F-Series pertama yang menggunakan tenaga listrik sepenuhnya.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Mengutip laman Ford, truk ini menggunakan dua motor dan standar sistem penggerak 4×4 dengan aklerasi yang lebih kuat dibanding Seri F-150 yang pernah ada. F-150 Lightning bisa menghasilkan tenaga 0-60 mph anya dengan empat detik operasi.

Baca Juga: Ini Dia Generasi Truk Listrik Pertama Mercedes-Benz

F-150 Lightning juga dibekali baterai litium dengan struktur exo yang unik. Baterai tersebut terikat di antara frame ralls dan dipastikan tidak menggangu tempat tidur di dalam truk.

Truk elektrik Ford ini ditawarkan dalam empat pilihan, yakni Pro, XLT, Lariat dan Platinum. Harga Ford F-150 Lightning dibanderol mulai $39.974 hingga seri tertinggi $90.474.

Truk Ford ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan dobel kabin. F-150 Lightning menawarkan serangkaian fitur cerdas dengan dukungan pembaruan perangkat lunak over-the-air. Fitur ini memastikan truk tersebut dalam kondisi baik dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Tesla Pamerkan SPBU-nya Mobil Listrik, Begini Penampakkannya

Selain berkemampuan Built Ford Tough, truk Ford tersebut didukung Ford Intelligent Backup Power untuk torsi tenaga kuat. Sederet tekonologi itu juga didukung teknologi pengisian daya. Ada Ford Connected Charge Station yang bersifat pengisian daya umum dan pengisian daya di rumah dengan teknologi Ford Charge Station Pro.

Ford Intelligent Backup Power diklaim mendukung pengisian daya penuh dan menjadikan truk bisa digunakan selama 10 hari. Dan tentunya bisa lebih menempuh perjalanan dengan dukungan pengecasan umum yang lokasinya bisa terpantau melalui layar di dasbor maupun smartphone.

Baca Juga: Generasi Pertama Mobil Listrik Toyota BEV Diluncurkan di Jepang

Truk ini didesain untuk pengemudi yang memiliki mobilitas tinggi. Termasuk pengemudi yang membutuhkan banyak dukungan energi mengoperasikan laptop dan sebagainya. Desain interior dan dukungan teknologi di dalamnya dibuat nyaman dijadikan kendaraan untuk kerja. Sistem “Built Ford Tough” yang dibangun Ford untuk kebutuhan tersebut.

Melihat tampilan yang dipajang di laman Ford, truk ini bisa menjadi generator untuk kebutuhan pekerjaan yang membutuhkan dukungan listrik. Ternyata hal itu dicakup oleh sistem Pro Power Onboard truk ini.

Baca Juga: Unik, Konsep Tukar Baterai Gogoro Calon Kendaraan Gojek

Generator tersebut menawarkan daya maksimum 9,6 kW yang tersedia melalui 11 slot, 120V di bagasi depan, dua di kabin, dan empat di tempat tidur. Tempat tidur di dalam truk ini juga dilengkapi stop kontak 240V untuk beban yang lebih berat.

Truk ini terkoneksi dengan aplikasi di smartphone. Menyalakan mesin dan memantau kondisi truk, bisa dilakukan melalui gawai dengan bantuan aplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya