SOLOPOS.COM - Emblem Ford. (Detroitnews.com)

Ford Indonesia tutup dan layanannya akan digantikan oleh RMA Group.

Solopos.com, JAKARTA –  Terkait rencana tutup pada tahun ini, PT Ford Motor Indonesia (FMI) akan menunjuk RMA Group sebagai penggantinya untuk menyediakan layanan purnajual (aftersales), termasuk servis dan suku cadang mobil Ford.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penunjukan itu belum diumumkan secara resmi, namun menurut mantan karyawan FMI yang menolak disebutkan namanya, RMA dipilih karena memiliki riwayat kerja sama yang baik dengan Ford Motor Company sejak 2005 hingga sekarang.

Kala itu, perusahaan yang berbasis di Thailand tersebut dipercaya Ford untuk mengerjakan modifikasi, remaping ECU, dan menyediakan aksesori pikap Ford Ranger yang dipesan oleh perusahaan sektor tambang dan perkebunan.

Sehingga bisa dibilang peran RMA bagi Ford mirip seperti M Division pada BMW atau AMG pada Mercedes Benz namun secara tidak resmi.

“RMA mulai 2005, mulai kerja sama dengan Ford memasok komponen pikap yang waktu itu lagi booming untuk pekerja sektor tambang. Saya berhubungan dengan RMA pertama kali pada 2013,” tuturnya seperti dikutip dari laman Liputan6, Sabtu (16/7/2016).

Ia menambahkan, RMA merupakan rekanan Ford dengan sistem manajemen suku cadang terbaik di dunia. Setelah resmi menggantikan FMI nanti, diprediksi RMA tidak akan mendirikan diler baru namun tetap memanfaatkan jaringan yang ada.

Meski begitu, ditunjuknya RMA sebagai pengganti FMI ternyata mendapat protes dari sebagian besar jaringan diler Ford di Tanah Air yang terdiri dari Ford Nusantara, Kreasi Auto Kencana, Arista Group, Fortune Dunia Motor, Sumber Sukses Mobilindo Sejahtera, dan Mitra Buata Citra Abadi.

“Itu hak Ford untuk menunjuk siapa pun untuk melayani aftersales. Namun ini [memilih pengganti dari perusahaan asing] makin menunjukkan betapa perusahaan sekaliber Ford tidak menghormati partner lokalnya dan sewenang-wenang dengan mitra lokalnya,” ungkap Harry Ponto, kuasa hukum jaringan diler tersebut seperti dilansir laman Detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya