SOLOPOS.COM - Destinasi wisata kuliner Kampoeng Semawis di kawasan Pecinan Kota Semarang, Jawa Tengah. (Instagram—semaranginfo)

Solopos.com, SEMARANG — Para food lovers rasanya wajib mengunjungi Kampoeng Semawis kala singgah berkunjung ke Kota Semarang, Jawa Tengah. Kampoeng Semawis itu bakal menjadi surga bagi kalian food lovers.

Kampoeng Semawis menjadi destinasi wisata kuliner andalan di Kota Semarang. Berbagai macam makanan khas Kota Semarang yang legendaris disajikan di sana. Kawasan tersebut mulai beroperasi tahun 2005 dan hanya buka saat weekend atau akhir pekan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dulunya, kawasan wisata kuliner ini hanya ada saat menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. Setelah itu, karena pengunjung tiap hari selalu bertambah, akhirnya berdirilah surga untuk para penggemar kuliner itu hingga sekarang.

Ini Catatan Sejarah Kantor Denhubrem 073 Salatiga

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti yang dihimpung Semarangpos.com dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020), nama “Semawis” adalah singkatan dari “Semarang untuk Pariwisata”. Destinasi wisata kuliner andalan itu berlokasi kawasan Pecinan Kota Semarang.

Lebih tepatnya, berada di Kranggan, Jl. Gang Warung, No. 50, Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Kawasan yang disebut juga sebagai Waroeng Semawis itu mulai bisa dikunjungi para penggemar kuliner pada pukul 18.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Harus Rela Antre

Saat memasuki gang, pengunjung akan disambut aroma sedap dari berbagai makanan yang sedang dimasak. Karena hanya buka pada akhir pekan, Pasar Semawis selalu ramai pengunjung. Mereka rela antre demi menikmati masakan yang terjamin rasanya.

Tenda-tenda makanan didirikan berjejer di depan bangunan kuno yang ada di Gang Warung. Dari jajanan yang sedang tren, seperti telur gulung, cumi bakar, hingga makanan tradisional khas Semarang, ada di sana.

Di Vila Angker Jogja, Sosok Noni Belanda Kerap Terlihat

Makanan berat yang melegenda di Semarang juga disajikan di beberapa tenda. Seperti Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso dan Sate Sapi Pak Kempleng dijual di sana.

Penggemar seafood? Tenang saja, di Kampoeng Semawis kalian bisa menemukan berbagai macam olahan makanan laut yang tentunya siap menggoyang lidah. Seperti cumi, udang, ikan, dan kerang.

Namun, bagi masyarakat beragama Muslim, saat mengunjungi Waroeng Semawis disarankan untuk bertanya terlebih dahulu bahan dasar makanan yang dijual. Karena ada beberapa stand makanan yang menyajikan kuliner yang bisa dibilang tidak halal untuk umat muslim.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya