SOLOPOS.COM - Proyek food estate di Provinsi Kalimantan Tengah. (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTA–Pakar ketahan pangan Edi Santosa menyebut Indonesia dengan program Food Estate yang telah dijalankan pemerintah beberapa tahun terakhir bisa menjadi lumbung pangan dunia.

“Indonesia sebagai lumbung pangan dunia sangat mungkin, syaratnya harus betul betul serius,” ujar Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) seperti dilansir Antara, Kamis (21/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Edi, Food Estate akan menjaga ketahanan pangan secara nasional ataupun global. Oleh karena itu, ia berharap program Food Estate memiliki daya saing tinggi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Food estate harus dibangun dengan daya saing, sehingga nantinya mendukung cita-cita Indonesia sebagai lumbung pangan dunia,” katanya.

Pemerintah telah menetapkan wilayah Food Estate di dua provinsi yaitu Kalimantan Tengah, tepatnya Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Baca Juga: Perhutanan Sosial untuk Mitigasi Ancaman Krisis Pangan

Serta Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara.

Selain itu, pemerintah juga akan memperluas program tersebut ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sumatera Selatan, dan Papua.

Sebelumnya Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional Yadi Sofyan Noor menyatakan pembangunan Food Estate di Kalimantan Tengah bisa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara kuat di dunia.

Menurut dia, program yang dikembangkan Kementerian Pertanian tersebut sudah menunjukkan kemajuan hasil yang maksimal.

Yadi menyebut rata-rata penyusutan lahan di Indonesia mencapai 150.000 hektare per tahun. Sementara data cetak sawah di bawah 100.000 hektare, tepatnya 60.000 hektare per tahun.

Namun, dengan adanya food estate, kata dia, pencetakan sawah bertumbuh lebih cepat dan lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya