SOLOPOS.COM - Lalu Muhammad Zohri (Reuters-Kalle Parkkinen)

Solopos.com, JAKARTA – Lalu Muhammad Zohri gagal berprestasi di Kejuaraan Dunia Atletik 2019 di Doha, Qatar. Sprinter 19 tahun itu pun diminta untuk mengalihkan fokus ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Dalam ajang Kejuaraan Dunia Atletik 2019, Jumat (27/9/2019), Zohri tampil di nomor 100 meter putra. Dikutip dari detik.com, Senin (30/9/2019), Zohri meraih posisi keenam dari tujuh pelari dalam pertandingan itu. Dia mencatatkan waktu 10,36 detik.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Catatan waktu itu bukan yang terbaik bagi Zohri. Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menyadari hal itu karena banyaknya pesaing yang kuar bagi Zohri.

“Seperti saya katakan sebelumnya, memang belum saatnya Zohri membuat kejutan di sini. Terlalu banyak pelari yang jauh lebih hebat dari dia baik dari segi prestasi maupun pengalaman,” kata Sekretaris Jenderal PB PASI, Tigor Tanjung.

Setelah Kejuaraan Dunia Atletik itu, Zohri difokuskan untuk menghadapi Olimpiade 2020 Tokyo. Zohri dijadwalkan mengikuti sejumlah uji coba yang beriringan dengan rencana PASI mengirim Zohri ke Amerika Serikat.

Berkaca hasil Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Emilia Nova dkk menunjukkan hasil sip setelah menjalani training camp di AS. Hasilnya, atletik meraih medali perak di nomor 4×100 meter estafet putra, medali perak di nomor lari gawang putri melalui Emilia, dan Sapwaturrahman di lompat jauh mendapatkan perunggu.

“Setelah kembali dari Doha, Zohri akan beristirahat dan kami akan menyusun program kembali termasuk memilih kompetisi uji coba. Persiapan Zohri akan dibuat bertahap agar dalam Olimpiade 2020 Zohri dapat menembus 10 detik,” ujar Tigor.

“Kami akan cari kesempatan berlatih dan bertanding di luar negeri seperti kami lakukan tahun lalu di USA,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya