Fokus Bantu UMKM, Junior Chamber International Solo Lantik Local BOD

Junior Chamber International (JCI) Solo yang baru saja mengukuhkan BOD berkomitmen fokus pada penguatan UMKM di tengan optimisme awal 2022.

 Local President JCI Solo periode 2022, Siegfried Listijosuputro (kiri), melantik local board of director JCI Solo 2022 di Hotel Solia Zigna Solo, Sabtu (15/1/2022) malam. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Local President JCI Solo periode 2022, Siegfried Listijosuputro (kiri), melantik local board of director JCI Solo 2022 di Hotel Solia Zigna Solo, Sabtu (15/1/2022) malam. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Local board of director atau BOD Junior Chamber Internation (JCI) Indonesia Solo 2022 dilantik di Hotel Solia Zigna Solo, Sabtu (15/1/2022) malam. JCI merupakan bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang berafiliasi dengan PBB.

Local President JCI Solo periode 2022, Siegfried Listijosuputro, saat inagurasi JCI Solo di Hotel Solia Zigna menebar optimisme di awal 2022 ini dengan keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan pandemi Covid-19 hingga awal tahun.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Hingga pertengahan Januari 2022 angka kasus Covid-19 berhasil ditekan di tengah bayang-bayang varian baru Omicron yang meluas di sejumlah negara. Kondisi itu dinilai membawa optimisme bagi segenap elemen bangsa dalam menapaki tahun ini.

Baca Juga: Wah, Bank Sampah RW 008 Purwosari Solo Kurangi 2 Ton Sampah per Bulan

“Optimisme harus mewarnai hari-hari kita sepanjang 2022, dan sudah waktunya bagi kita untuk bangkit lagi,” ungkap Siegfried Listijosuputro.

Menurutnya, dua tahun kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air harus menjadi pelajaran dan pembekalan untuk melakukan perbaikan di masa depan. Fondasi yang kokoh harus dibuat dalam upaya bangkit dan menghadapi fenomena perubahan global.

Pendampingan

“JCI Solo berkomitmen membantu pemerintah, member, dan pelaku UMKM untuk mendapatkan fondasi kokoh melalui standardisasi yang benar. Contoh industri food and beverage bisa difasilitasi pembekalan mengenai fasilitas atau proses halal,” urainya.

Baca Juga: Down For Life Dedikasikan Lagu Terbaru untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Begitu juga untuk pengurusan izin edar produk, Junior Chamber International Solo bisa meminta pendampingan kepada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) agar memberikan pembekalan kepada pelaku UMKM. Sedangkan di sektor pariwisata ada sertifikasi CHSE.

“Sebagai bentuk komitmen JCI Solo untuk membantu pemerintah dalam membangkitkan perekonomian, nanti juga akan ada penandatanganan kerja sama antara JCI Solo dengan Yayasan Bina Wiraswasta untuk pembekalan finansial UMKM,” katanya.

Tak sampai di situ saja, menurut Siegfried, ada juga agenda pembekalan bahasa Inggris dengan menggandeng Yayasan Perguruan Tinggi Solo. Yang tak kalah penting pembekalan ilmu informatika bagi para UMKM dengan Politeknik Harapan Bangsa.

Baca Juga: Kelar Direhab, 4 Stadion Pendamping Manahan Solo Dikelola Pihak Ketiga?

“Ini bentuk komitmen kami mewujudkan Solo modern, tangguh, kreatif dan sejahtera dengan semangat gotong royong. Salah satu program unggulan JCI Solo company visit yang memungkinkan belajar dari perusahaan yang sudah sustain,” ujarnya.

Belajar Menjadi Pemimpin yang Baik

Sedangkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melalui sambutan yang dibacakan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menyebut banyak manfaat yang bisa diambil dengan menjadi Junior Chamber International Solo. Seperti pengembangan kualitas diri dan wawasan.

“Sebagai organisasi skala internasional anak-anak muda dapat belajar menjadi pemimpin dan pebisnis yang baik. Anggota JCI harus mampu menyerap ilmu dan pengalaman seniornya. Baik tentang kepemimpinan, manajemen, edukasi,” urainya.

Baca Juga: Jadi Pusat Budaya Jawa, Penataan Taman Balekambang Solo Segera Dilelang

JCI Solo diharapkan mampu kontribusi untuk kemajuan komunitas global dengan menyediakan kesempatan bagi anak-anak muda menyumbangkan kemampuan dan keterampilan kepemimpinan, tanggung jawab, persahabatan dan kewirausahaan.

“Terutama di situasi pandemi saat ini JCI wajib mendorong anak muda untuk terjun langsung dalam upaya pemulihan ekonomi. Sampaikan narasi-narasi positif melalui medsos, sukseskan percepatan vaksinasi, aktif dalam kegiatan sosial,” terangnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

+ PLUS Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

Kelainan genetik yang berujung meninggalnya bayi seusai dilahirkan merupakan salah satu dampak buruk dari hasil hubungan sedarah atau inses.

Berita Terkini

Ssstt...Bakal Ada Universitas Baru Lagi di Karanganyar Lur

Kabupaten Karanganyar akan kedatangan universitas baru. Pemkab tengah menyiapkan lahan 10 hektare untuk pembangunan gedung universitas negeri tersebut.

Boyolali jadi Daerah Wabah, Berapa Total Ternak Suspek PMK?

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Total ternak suspek PMK di Boyolali saat ini sekitar 4.642.

Ada 2 Event Internasional Di Solo, 796 Personel Keamanan Dikerahkan

Polresta Solo siap menerjunkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan dua event internasional yakni pertemuan G20 dan ASEAN Paragames, Juli ini.

Ternyata Tak Boleh Beri Nama Anak Cuma Satu Kata, Ini Kata Disdukcapil

Disdukcapil Karanganyar meminta warga untuk tidak memberi nama anak mereka dengan hanya satu kata. Ada aturan yang melarang memberi anak dengan hanya satu kata.

Jadi Daerah Wabah PMK, Boyolali Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memutuskan untuk memperpanjang penutupan seluruh pasar hewan. Menyusul adanya penetapan Boyolali sebagai Daerah Wabah PMK.

Gibran Soal Pelecehan Seksual Personel JKT 48: Protesnya Ke Saya Semua!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat protes dari banyak pihak soal kasus pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo.

Pemkab Karanganyar Bagi-Bagi 20 Domba Kurban, Siapa yang Dapat?

Pemkab Karanganyar kembali akan membagi-bagi hewan kurban ke sejumlah daerah dan lembaga. Hewan kurban yang dibagi-bagi berupa domba.

Warga Grogol Terseret Ombak Pantai Drini, Ternyata Kakak Beradik

Dua wisatawan asal Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang terseret ombak di Pantai Drini merupakan kakak beradik.

Kisah Misteri Suara Kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu

Kisah misteri kali ini tentang penampakan kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu.

Waspada! Boyolali Ditetapkan jadi Daerah Wabah PMK

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Hasil tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pertanian Nomor 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah Wabah PMK (foot and mouth disease).

PPDB SMA/SMK Jateng Belum Diumumkan, Begini Cara Cek Hasil Sementara

Hasil seleksi PPDB SMA/SMK negeri di Jateng tahun ajaran 2022/2023 akan diumumkan pada Senin (4/7/2022) paling lambat pukul 23.55 WIB.

Selamat! SSB New Tugu Muda Semarang Jawara Kapolres Sukoharjo Cup 3

Sekolah Sepak Bola (SSB) New Tugu Muda Semarang  menyabet Juara 1 dalam turnamen sepak bola Kapolres Sukoharjo Cup 3, yang digelar di Stadion Gelora Merdeka Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Misinformasi, Gibran Sebut Bupati Karanganyar Tak Setuju BST

Disebut tak izinkan Batik Solo Trans (BST) masuk karanganyar, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menduga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menerima informasi yang salah.

Gibran Sebut Bupati Karanganyar Tolak BST, Pemkab Langsung Ngetwit Ini

Cuitan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang menyebut Bupati Karanganyar tak menyetujui BST ditanggapi Pemkab Karanganyar.

Akun Calon Siswa SMAN 1 Gondang Sragen Dibajak, Kok Bisa?

Akun milik calon siswa di SMAN 1 Gondang Sragen dibajak orang tak bertanggung jawab dan akibatnya terlempar dari zonasi SMAN 1 Gondang.