SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Juru bicara TNI Angkatan Udara Marsekal Madya Azman Yunus mengatakan, pesawat Fokker 27-200 yang mengalami nahas dua hari lalu tak memiliki kotak hitam (black box) berisi data komunikasi dan penerbangan. Azman hari ini, Sabtu (23/6) mengatakan, black box dalam pesawat militer dianggap berbahaya untuk keamanan informasi militer dan pertahanan.

Maka dari itu, untuk kepentingan penyelidikan peristiwa tersebut, tim akan mengandalkan data dari pelayanan penerbangan, radio controller, mekanik, kru, serta pesawat itu sendiri. Namun demikian, pihaknya enggan memberikan keterangan mengenai dugaan yang menyebut, jika kecelakaan terjadi lantaran mesin kanan Fokker 27 mendadak mati.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, pakar penerbangan, Ruth Hanna Simatupang menilai, aneh jika ada yang menyebut pesawat militer tak dilengkapi black box dengan alasan keamanan. Namun, dirinya enggan berkomentar panjang mengenai keberadaan black box dalam pesawat Fokker 27, lantaran keterangan TNI Angkatan Udara yang selalu berubah-ubah mengenai black box. [tribunnews/rda/bet-mg]

Ekspedisi Mudik 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya