SOLOPOS.COM - Fokker 27 TNI AU (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

Fokker 27 TNI AU (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

JAKARTA-TNI Angkatan Udara akan mengandangkan pesawat Fokker 27 yang sudah tua. Saat ini dalam proses pengadaan pesawat pengganti dari jenis Cassa CN-295.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kita sekarang punya lima pesawat jenis Fokker 27, semuanya akan kita ganti. Kita sudah merencanakan untuk mengganti pesawat tersebut dengan pesawat jenis Cassa CN-295,” kata Kadispen TNI AU, Marsekal Pertama Azman Yunus, saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (23/6/2012).

Paling lama akhir tahun 2012 semua pesawat Cassa sudah siap digunakan. “Kalau tidak ada rintangan akhir tahun 2012 ini akan datang dua unit dan selanjutnya akan datang yang lain sehingga bisa menggantikan seluruh pesawat yang sudah tua tersebut,” terangnya.

Namun pesawat Fokker 27 yang selama ini digunakan juga dalam perawatan rutin. Penerbang muda tidak diperkenankan menerbangkan pesawat tua sendirian.

“Itu pesawat kita tidak mungkin kasih adik-adik kita terbang apabila kondisi pesawat tidak memungkinkan. Kita tidak akan membiarkan mereka dengan perasaan yang tidak tenang,” tutupnya.

Pesawat Fokker 27 milik TNI AU jatuh di Komplek Rajawali, Halim Perdanakusumah, Kamis (21/6) pukul 14.45 WIB. Pesawat itu bernomor register A 2708 buatan tahun 1977. Pesawat nahas itu dipiloti Mayor Pnb Heri Setiawan dan kopilot Lettu Paulus. Pesawat jatuh saat latihan rutin. 11 Orang dinyatakan tewas dan 11 lainnya mengalami luka-luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya