SOLOPOS.COM - Pesawat Foker 27 (google.img)

Pesawat Foker 27 (google.img)

JAKARTA-Pemerintah memutuskan semua pesawat jenis Fokker 27 tidak lagi digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Panglima TNI Agus Suhartono mengatakan ada 5 pesawat F-27 yang digrounded dan pesawat tersebut dibuat pada tahun 1976.

“Tadi sudah diputuskan semua Fokker 27 di grounded, tidak dioperasikan lagi oleh TNI,” kata Agus menjawab pertanyaaan wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma usai menghadiri rapat terbatas yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bandara Halim Selasa (26/6/2012).

Untuk menggantikan F-27, ujarnya, TNI akan menggunakan pesawat CN295 yang sudah dipesan melalui PT Dirgantara Indonesia. Rencananya, tambah dia, pada Agustus atau September ini ada dua pesawat CN295 tersebut akan diserahkan ke TNI AU

“[Total CN295 yang dipesan] rencananya 10,dan secara bertahap akan dipenuhi. [Soal anggarannya] Kemenhan yang tahu,” kata Agus.

Panglima TNI optimistis dengan ditetapkannya seluruh F-27 di-grounded, tidak akan mengganggu operasional TNI, karena sudah diatur sehingga penggunaan pesawat disesuaikan dengan kebutuhan operasi.

Ketika ditanya apakah keputusan melakukan grounded F-27 terkait jatuhnya pesawat jenis itu pada 21 Juni, akibat kondisinya sudah tidak lagi layak terbang akibat telah tua usianya, Agus mengatakan pemerintah mempelajari sebab musibah tersebut.

“Kita lihat kronologisnya. Latihan takeoff dan landing sudah 6 kali, sebenarnya pada awalnya memang tidak ada masalah. Setelah dioperasikan ada masalah, Sangat mungkin karena engine-nya,” kata Agus.

Saat ditanyakan hasil investigasi dari jatuhnya F-27 kepada Presiden Yudhoyono oleh Kepala Staf Angkatan Udara Imam Supaat, Agus mengatakan hasil investigasi untuk sementara belum final.
Laporan tersebut juga akan terkait dengan masalah pemeliharaan pesawat. “Kita tunggu saja finalnya seperti apa,” kata Agus.

Mengenai pesawat jenis lainnya yang saat ini dinilai usianya sudah tua, Agus mengatakan semua alutsista yang sudah tidak lagi layak digunakan akan juga dievaluasi, seperti kondisi teknis juga persenjataannya.

Seperti diketahui pesawat jenis Fokker 27 milik TNI-AU jatuh di daerah perumahan Kompleks Rajawali, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/6) sekitar pukul 14.44 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya