Flyover Purwosari Solo Sudah Kelar 70 Persen Lur!
Proyek flyover Purwosari difoto dari rooftop Aston Solo Hotel, Solo, Selasa (25/8/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Progres pembangunan jalur lintas atas atau flyover Purwosari, Solo, hingga pekan ini sudah mencapai 70%. Pelaksana proyek saat ini mulai mengerjakan pengaspalan jalur lambat sisi utara hingga tiga pekan ke depan.

Menyusul progres ini, arus lalu lintas sekitar proyek tersebut berubah. Kendaraan yang melintas dari arah Jl Agus Salim menuju Jl Slamet Riyadi harus melalui jalur lambat sisi selatan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Jawa Tengah, Alik Mustakim, mengatakan pengaspalan jalur lambat sisi selatan telah rampung beberapa hari lalu.

Dokter RS Ortopedi Meninggal Akibat Covid-19, Gugus Tugas Sukoharjo Siapkan Tracing

“Kami mulai mengerjakan jalur lambat sisi utara. Pada saat bersamaan pengaspalan sisi selatan juga sudah selesai jadi pengalihan arusnya memanfaatkan bagian tersebut. Pengaspalannya sudah dua lapis, jadi aman untuk kendaraan,” katanya kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

Teknis pengerjaan jalur lambat sisi utara flyover Purwosari Solo itu mulai dari pembongkaran jalur pedestrian depan Stasiun Purwosari. Pekerjaan berlangsung hingga Simpang Empat Purwosari.

Setelah itu, pembongkaran saluran drainase yang akan diganti supaya memiliki kapasitas lebih besar. Baru kemudian pembenahan, pemasangan paving jalur pedestrian, lantas pengaspalan hingga lapis kedua.

Warga Sragen Ini Tak Sadar Puluhan Tahun Pakai Benda Cagar Budaya Cuma Buat Landasan Padasan

Rekayasa Lalu Lintas

Setelah seluruhnya rampung, pelaksana proyek flyover Purwosari Solo mengerjakan pengaspalan lapis ketiga pada kedua sisi jalur lambat pada (bagian timur flyover).

“Nah, kalau pengaspalan kedua jalur lambat selesai, kendaraan yang akan menuju ke arah barat bisa lewat jalur lambat sisi utara. Sementara yang menuju timur menggunakan jalur lambat sisi utara,” jelasnya

Alik menyampaikan pengerjaan jalur lambat sisi selatan bagian barat flyover Purwosari sampai pada penyelesaian aspal lapis kedua. Sementara sisi baratnya akan dikerjakan belakangan karena hanya overlay atau peningkatan kualitas jalan.

Rebut Hati Milenial Solo, Gibran-Teguh Siapkan Konser Musik Virtual

Rencananya pengerjaannya menyambung ke Subterminal Kerten hingga depan Mall Solo Square. Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Mudo Prayitno, mengatakan rekayasa lalu lintas sekitar lokasi proyek flyover Purwosari sudah siap sejak awal.

Mudo meminta pengguna jalan memperhatikan rambu-rambu dan rekayasa lalu lintas. “Juga saya harap lebih hati-hati karena banyak pekerjaan sekitar lokasi proyek Flyover Purwosari, khususnya sekitar jalur lambat dan simpang empat Purwosari,” ucapnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom