Flyover Purwosari Solo Rampung 92%, Kurang Diaspal dan Pasang Lampu
Proyek flyover Purwosari difoto dari rooftop Aston Solo Hotel, Solo, Selasa (25/8/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Mendekati penghujung tahun, pembangunan flyover atau lintas atas Purwosari mencapai 92%. Diperkirakan pada bulan depan, proyek mercusuar Kota Bengawan itu rampung secara fungsional. Saat ini, pengerjaan masih menyisakan finishing, seperti pengaspalan dan pemasangan lampu.

Dua Pedagang Positif Covid-19, Pasar Gede Solo Tak Ditutup

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Jawa Tengah, Alik Mustakim mengatakan sedianya jalur tersebut bakal dibuka pada libur Natal dan Tahun Baru.

Namun, kepastian pembukaan belum didapat mengingat pemerintah pusat telah menghapus libur panjang akhir tahun guna menekan persebaran virus SARS CoV-2. “Tinggal sebentar lagi pekerjaannya, kami sebenarnya menyiapkan untuk fungsional pada Libur Nataru sebagai uji coba. Tapi karena libur panjangnya dihapus, kami belum bisa memastikan jadi tidaknya,” kata dia, dihubungi Solopos.com, Minggu (29/11/2020).

Pelaksana proyek masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pembukaan fungsional flyover Purwosari. Termasuk, rencana peresmian di tahun yang akan datang.

Cegah Persebaran Covid-19, Parkir Mal di Soloraya Bayar Murah, Cashless, dan Touchless

Uji Coba Belum Pasti

Alik mengatakan saat ini pengerjaan utama menyasar pengaspalan. Sejumlah bagian yang sudah rampung adalah timur simpang empat Purwosari. Pada pekan ini, pihaknya bakal mengerjakan pengaspalan pada bagian jembatan lintas atas sepanjang 200 meter. “Lainnya, kami hanya memasang lampu taman, paving jalur pedestrian, dan pekerjaan finishing lainnya. Utamanya, pengaspalan itu,” jelas Alik.

Ia menyebut proyek flyover Purwosari bakal mencapai 100% pada pertengahan Januari nanti. Namun, ujicoba kemungkinan dilakukan tertutup jika pembukaan untuk kendaraan umum urung dilakukan pada Libur Nataru. Sedianya, ujicoba dilaksanakan pada 21 Desember hingga 1 Januari. Lalu, kembali ditutup guna melanjutkan pembenahan baru kemudian diresmikan.

“Nah, ujicoba ini yang belum pasti mengingat pemerintah sedang menekan pergerakan atau mobilitas masyarakat. Kalau tetap dibuka tentu tidak akan sinkron dengan kebijakan pemerintah yang membatalkan libur panjang akhir tahun,” ucapnya.

Hore! Garuda Indonesia Buka Penerbangan Umrah dari Solo Tahun Depan

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Mudo Prayitno, mengatakan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pelaksana proyek terkait kebutuhan rambu dan markah jalan di sekitar flyover Purwosari.

“Kami sudah koordinasi kebutuhannya apa saja. Harapannya kan memang libur Nataru sudah fungsional, tapi belum tahu keputusan akhirnya seperti apa,” jelasnya, dihubungi terpisah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom