SOLOPOS.COM - Kawasan Tugu Lilin Makamhaji, Kartasura berpotensi macet saat proyek pembangunan flyover Purwosari Solo dibangun. (Solopos/Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kawasan Tugu Lilin dan underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, berpotensi menjadi simpul kemacetan lalu lintas selama proses pembangunan flyover Purwosari, Solo.

Manajemen rekayasa lalu lintas disiapkan guna mengantisipasi kemacetan di kawasan itu. Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sukoharjo Ahmad Saryono mengatakan pengalihan arus lalu lintas kendaraan dari Wonogiri atau Sukoharjo menuju Solo melewati kawasan Makamhaji akan meningkatkan volume kendaraan di kawasan tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Potensi kemacetan pun paling parah akan terjadi di kawasan Tugu Lilin dan underpass Makamhaji. Koordinasi terus dilakukan Dishub Sukoharjo bersama jajaran instansi terkait lain seperti Satlantas Polres Sukoharjo serta Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Menurutnya, pembangunan flyover Purwosari akan berdampak pada peningkatan arus lalu lintas di Makamhaji. Hal ini karena kendaraan yang semula melintas di Purwosari dialihkan melalui Jl. Slamet Riyadi, Kartasura.

Pengunjung Sambat Mau Ibadah di Candi Cetho Karanganyar Ditarik Bayaran

Otomatis kawasan itu akan semakin padat. Manajemen rekayasa lalu lintas disiapkan salah satunya dengan menambah rambu-rambu lalu lintas. Kemudian penyiapan personel guna mengurai kepadatan arus lalu lintas di sana.

"Kami memperkirakan titik paling terdampak kemacetan akibat pembangunan flyover Purwosari berada di simpang tiga tugu lilin Makamhaji. Lokasi tersebut menjadi pintu masuk dan keluar kendaraan di wilayah perbatasan antara Kota Solo dengan Kartasura, Sukoharjo," tuturnya saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (8/1/2020).

Pada hari biasa saja kepadatan kendaraan terjadi di kawasan tersebut. Keberadaan traffic light bahkan belum mampu mengurai kepadatan lalu lintas di sana.

Bocah 7 Tahun Meninggal Tertabrak Mobil di Perum Josroyo Jaten Karanganyar

Salah satu warga Kartasura, Wahyu Imam, berharap pembangunan flyover Purwosari tidak berdampak pada kemacetan lalu lintas di kawasan Makamhaji. Arus kendaraan akan beralih ke kawasan Makamhaji selama proyek berjalan.

"Kami berharap dinas terkait bisa menyiapkan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan saat proyek flyover Purwosari dikerjakan," katanya.

Sebagai informasi, penandatanganan kontrak proyek flyover Purwosari di pemerintah pusat dilakukan Rabu (8/1/2020). Setelah penandatanganan dengan pemenang lelang itu yakni PT Wijaya Karya, pembangunan flyover segera dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya