Flyover Palang Krapyak Klaten Diperkirakan Dibangun 2023

Titik awal jalan flyover Palang Krapyak t bisa dimulai dari ruas jalan nasional sebelum traffic light Krapyak dari arah Polres Klaten.

 Kendaraan melintas di perlintasan sebidang Palang Krapyak, Desa Merbung, Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (12/11/2021). Untuk mengurai kemacetan di perlintasan sebidang itu, pemerintah pusat bakal membangun fly over. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di perlintasan sebidang Palang Krapyak, Desa Merbung, Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (12/11/2021). Untuk mengurai kemacetan di perlintasan sebidang itu, pemerintah pusat bakal membangun fly over. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Klaten tidak lama lagi bakal dibangun flyover. Menurut rencana, flyover akan dibangun di perlintasan sebidang kereta api Krapyak atau yang dikenal dengan Palang Krapyak, Desa Merbung, Kecamatan Klaten.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, flyover Krapyak bakal dikerjakan tahun depan. Saat ini  proyek itu masih dalam tahap penyusunan detail engineering design (DED). Setelah DED rampung, dimungkinkan tahapan memasuki pembebasan lahan.

PromosiMasalah Mendasar Kemiskinan di Desa adalah Upah Riil Pertanian Rendah

Terkait pembangunan ini,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten kini telah berkoordinasi dengan PT KAI ihwal kepastian rencana pembangunan flyover. Koordinasi juga dilakukan dengan pemerintah pusat.

Baca Juga: Rp1,2 Triliun UGR Tol Solo-Jogja Dicairkan untuk Warga Klaten

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, Minggu (16/1/2022), mengusulkan agar titik awal jalan layang tersebut bisa dimulai dari ruas jalan nasional sebelum traffic light Krapyak jika dari arah Polres Klaten. Kalau setelah traffic light, kami perkirakan kondisi arus lalu lintas sama saja.

“Oleh karena itu kami usulkan agar mulainya dari sebelum traffic light sehingga jalur ke Krapyak itu berada di bawah traffic light dan tidak terlalu ramai serta tidak terlalu berisiko. Mudah-mudahan saja permohonan kami disetujui,”? ujarnya.

Pembangunan jalan layang di Palang Krapyak mendesak dilakukan guna mengurai arus lalu lintas terutama di Palang Krapyak. Kondisinya arus lalu lintas di sana crowded dan berbahaya. Seperti kalau mobil berhenti di sana saat palang pintu perlintasan tertutup, dua mobil sudah mengisi separuh badan jalan dan tiga mobil sudah menutup jalan.

Baca Juga: Salut, 20 Napi Ini Bangun Masjid Megah di Dalam Penjara Klaten

Perlintasan sebidang Krapyak menjadi salah satu perlintasan sebidang tersibuk di Klaten. Perlintasan itu berada pada ruas jalan by pass selain perlintasan sebidang lainnya berlokasi tak jauh dari Mapolres Klaten.

Jalan by pass menjadi akses utama kendaraan angkutan barang dan penumpang ketika melintas Klaten.  Palang Krapyak juga menjadi akses warga dari wilayah Kabupaten Klaten sisi selatan ketika menuju pusat kota melintasi Kelurahan Tonggalan, Kecamatan Klaten Tengah atau Desa Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, sebelumnya mengatakan Pemkab mengusulkan agar flyover alias jalan layang dibangun di Palang Krapyak. Pembangunan jalan layang itu dibutuhkan untuk mengantisipasi kemacetan di sepanjang ruas jalan by pass.

Baca Juga: LP IIB Wonogiri Inginkan Kerja Sama Pemkab Perhatikan Eks Napi

Apalagi, setelah perlintasan sebidang di sisi barat Stasiun Klaten ditutup, kemacetan di Palang Krapyak dikhawatirkan kian parah.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

+ PLUS Kenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

Rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik abagi pelanggan 3.000 volt ampere (VA) disesalkan pelaku industri yang tengah berjuang untuk bangkit setelah dihajar pandemi Covid-19.

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).

Ini Bakpia Bayat Klaten yang Dipasarkan hingga Luar Jawa, Pernah Coba?

Di Dusun Winong, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, terdapat rumah produksi bakpia yang sudah merambah sampai luar Jawa.

Heboh Badarawuhi Di Film KKN Desa Penari, Di Solo Juga Ada Ular Mistis

Seperti kisah Badarawuhi, lelembut berwujud asli ular di film KKN Di Desa Penari, di Solo juga ada cerita rakyat mengenai kemunculan ular mistis di beberapa kesempatan.

Kisah Bandar Candu Opium Raksasa dari Solo yang Memasok Seluruh Jawa

Surakarta atau Solo sempat menjadi tempat tinggal bandar candu atau opium raksasa yang sanggup memasok dan menguasai hampir perdagangan candu di seluruh Pulau Jawa, sekitar 1860-an, dimana kala itu, menghisap candu menjadi hal wajar dan legal.

Respons Surat BUM Desa, Mendes Blusukan ke Rel KA Wonosari Klaten

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, mendatangi Desa Bolali, Kecamatan Wonosari, Kamis (19/5/2022) sore.

Papan Cagar Budaya akan Dipasang di 4 Sisi Tembok Eks Keraton Kartasura

Diharapkan dengan keberadaan papan tersebut menumbuhkan rasa memiliki bagi masyarakat, sehingga dapat merawat cagar budaya secara bersama-sama.

Ingat! Pemkab Wonogiri Masih Wajibkan Warganya Pakai Masker Lo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri belum mengubah kebijakan penggunaan masker di tempat terbuka. Masyarakat Kabupaten Wonogiri masih diwajibkan menggunakan masker meski di tempat terbuka.

Buntut Tragedi Gas Bocor, 50 Pelaku UKM Mojosongo Solo Diberi Pelatihan

Setelah tragedi gas bocor yang mengakibatkan dua orang meninggal, warga dan pelaku UMKM Mojosongo, Solo, diikutkan pelatihan penanganan kebakaran dan bahaya api.

Pemkab Wonogiri Pantau Pasar Hewan untuk Cegah PMK, Ini Lokasinya?

Pemeriksaan hewan ternak di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Wonogiri dimulai sejak, Selasa (10/5/2022). Dari total 2.936 hewan ternak yang diperiksa, tak satupun memiliki gejala penyakit mulut dan kuku (PMK).

Siap-Siap! Satpol PP Solo Bakal Operasi Tertibkan PKL, Ini Sasarannya

Satpol PP Solo akan melakukan operasi penertiban pedagang kaki lima atau PKL yang dianggap sudah semrawut di beberapa lokasi.