Flyover Manahan dan Purwosari Solo Dilengkapi JPO, Konsepnya Modern Pakai Lift

Dua jembatan penyeberangan orang atau JPO yang masing-masing akan dibangun di flyover Manahan dan Purwosari Solo berkonsep modern dilengkapi lift.

 Kepadatan arus lalu lintas di flyover Purwosari, Solo, Rabu (23/2/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Kepadatan arus lalu lintas di flyover Purwosari, Solo, Rabu (23/2/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dua jembatan layang atau flyover di Kota Solo, yakni Manahan dan Purwosari  bakal dilengkapi jembatan penyeberangan orang atau JPO untuk memfasilitasi pejalan kaki dan pesepeda. Konsep desain jembatan modern dilengkapi lift agar para pesepeda bisa naik dengan mudah melewati jembatan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo telah berulang kali menggelar kegiatan sosialisasi rencana pembangunan JPO di sekitar flyover Manahan. Kegiatan sosialisasi mengundang para stakeholder dan warga setempat.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kegiatan itu sekaligus digunakan untuk menyerap dan menampung aspirasi, saran, dan masukan dari warga setempat. Pembangunan flyover semestinya dibarengi dengan penyediaan fasilitas bagi para pejalan kaki dan pesepeda.

Namun, belum ada akses bagi pejalan kaki dan pesepeda di sekitar flyover Manahan Solo. Pemerintah lantas berinisiatif membangun JPO di dua flyover Kota Solo itu guna mempermudah pejalan kaki dan pesepeda yang hendak menyeberangi jalur rel kereta api.

“Detail engineering design [DED] pembangunan JPO di sekitar flyover Manahan sudah rampung dan dilaporkan ke Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Sudah direspons, sekarang tinggal menunggu proses lelang pengadaan barang dan jasa,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPUPR Solo, Joko Supriyanto, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Wah, Jembatan Penyeberangan akan Dibangun di Timur Flyover Manahan Solo

JPO di timur flyover Manahan itu panjangnya kurang lebih 20 meter dengan lebar tiga meter. Para pejalan kaki maupun pesepeda bisa melewati jembatan untuk menyeberangi jalur rel kereta api.

Jembatan yang dibangun mengusung konsep modern yang dilengkapi lift. Para pesepeda bisa menggunakan lift untuk melewati jembatan penyeberangan orang.

Begitu pula dengan rencana pembangunan JPO di flyover Purwosari Solo juga dilengkapi lift. Para pesepeda yang hendak menyeberangi rel kereta api bisa melewati JPO.

Baca Juga: 44 Jembatan Penyeberangan Perahu di 600 Kilometer Sungai Bengawan Solo

Estimasi Anggaran Pembangunan JPO Manahan

Namun, desain awal pembangunan jembatan masih dikaji oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. “Untuk estimasi kebutuhan anggaran diperkirakan miliaran rupiah. Kami masih menunggu hasil pengkajian dari pemerintah pusat. Semoga bisa segera dikerjakan pada 2023,” ujarnya.

Lurah Mangkubumen, Dyah Yunita, mengatakan ada pergeseran lokasi proyek pembangunan JPO di sekitar flyover Manahan Solo. Awalnya, salah satu sisi jembatan di pinggir Jl Hasanudin, Kelurahan Mangkubumen.

Kemudian sisi jembatan yang akan dibangun digeser sedikit ke barat tepatnya di Jl Samratulangi, Kelurahan Manahan. Dyah mengaku ikut hadir saat kegiatan sosialisasi rencana pembangunan JPO di sekitar flyover Manahan pada bulan lalu.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Ditutup, Jam Masuk Kerja ASN Solo Dipastikan Tak Berubah

“Jadi digeser di seberang ELTI Solo di Manahan. Awalnya di pinggir Jl Hasanudin atau sisi timur flyover Manahan. Warga merespons positif rencana pembangunan JPO untuk pejalan kaki dan pesepeda,” paparnya.

Sementara itu, seorang warga Kelurahan Manahan, Sayid mengatakan pesepeda dan pengayuh becak kesulitan saat melewati flyover Manahan. Mereka harus memeras keringat dan tenaga untuk menaiki flyover.

Semestinya, ada akses khusus bagi pejalan kaki, pesepeda maupun pengayuh becak di sekitar flyover Manahan. “Pesepeda dan pengayuh becak harus memutar agak jauh jika tak mau melewati flyover. Jika naik flyover harus mengeluarkan tenaga ekstra karena kondisi flyover sangat sempit,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bertabur Hadiah, Lapak BKD Boyolali di CFD Diserbu Warga

      Pembukaan lapak pembayaran PBB di CFD Boyolali merupakan salah satu intensifikasi dan menarik perhatian wajib pajak.

      DPRD: Tinggal Menghitung Hari, Target PAD 2022 Terancam Tak Terealisasi

      Hingga akhir Oktober 2022 realisasi PAD Solo baru di angka 76%. Kemungkinan target PAD 2022 senilai Rp20 miliar tidak terealisasi.

      30 Menit Kaos di Balik Tarif Parkir Konser Karanganyar Ugal-Ugalan

      Kondisi arus lalu lintas yang padat, ramai, macet, ditambah pengendara egois menyebabkan situasi perparkiran saat konser Denny Caknan di Alun-Alun Karanganyar kacau hingga mengakibatkan tarif naik.

      Konser Dewa 19 Jadi Obat Rindu dan Tribute Mendiang Erwin Prasetya

      Konser ini juga menjadi ajang tribute untuk mantan bassist Dewa 19, Erwin Prasetya yang meninggal dunia pada 2020.

      Pantai Sembukan Wonogiri, Tempat Pertemuan Ratu Kidul dan Panembahan Senapati

      Pada malam-malam tertentu, pantai yang terletak di Wonogiri selatan itu acap didatangi orang dari berbagai daerah. Mereka melakukan ritual tertentu untuk meminta keberkahan.

      Jajal Jalur Kirab Kaesang-Erina, 3 Menteri Naik Kereta Kencana di Jalur CFD

      rombongan kirab sampai di depan Hotel Dana Solo. Sejumlah orang membentuk barisan berjalan dari barat ke timur. Di belakangnya ada kereta kencana. Satu kereta ditarik dua kuda. Tampak Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan kemeja biru maroon dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenakan pakaian biru muda.

      Kapolres Sukoharjo Gandeng Komunitas Seni Jaga Kamtibmas dan Kerukunan Warga

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengungkapkan komunitas seni merupakan salah satu komunitas yang harus disentuh oleh kepolisian. Mengingat banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi dalam bidang seni.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Masjid di Ngawen Klaten Kokoh Berdiri Sendiri di Tengah Proyek Tol Solo-Jogja

      Nilai UGR yang bakal diterima untuk pembebasan bangunan masjid itu senilai Rp822 juta. Sesuai aturan, UGR yang diterima harus digunakan untuk membangun masjid.

      Pemkab Klaten Buka Lowongan 8 Jabatan Eselon II, Terbuka untuk ASN di Jateng

      Proses seleksi dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel). Tim tersebut terdiri atas dua orang internal atau dari Pemkab Klaten dan tiga orang eksternal atau akademisi.

      Stok Kosong, Dinkes Boyolali Putar Otak Cari Vaksin Covid-19

      Puskesmas yang diinformasikan bisa melayani vaksinasi Covid-19 pada Sabtu (26/11/2022) antara lain Puskesmas Sambi, Simo, Sawit, Banyudono I, Gladagsari, Boyolali I, dan Boyolali II.

      Agenda Solo Hari Ini: Ada Padi Reborn di Lokananta hingga Pengajian Akbar NU

      Agenda Solo hari ini, Minggu (27/11/2022), cukup padat dengan Lokananta Reload yang menghadirkan Padi Reborn serta pengajian akbar Hari Santri Nasional di Pura Mangkunegaran.

      Duh. 25 Water Barrier di Jalan-Jalan Karanganyar Hilang Dicuri

      Biasanya akibat pencurian ini diketahui saat akan dilakukan pengecekan sarana atau pada saat akan digunakan untuk pengaturan arus lalu lintas.

      Sidak Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Anggota DPRD Solo Kecewa

      Saat sidak konser Dewa-19, anggota DPRD Solo menemukan belum diterapkannya sistem porporasi elektronik atau digital oleh Bapenda Solo.