SOLOPOS.COM - Proyek fly over Palur (JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra Kumala)

Solopos.com, JATEN — Proyek pembangunan fly over Palur Karanganyar bakal mengepras Mapolsek Jaten serta Tugu Intanpari. Sesuai rencana, Mapolsek Jaten siap dipindah di bekas jembatan timbang di Sroyo.

Kapolsek Jaten, AKP Poniran, ketika dijumpai Solopos.com, Rabu (21/5/2014), mengatakan penggeseran Mapolsek Jaten ke lahan aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah ini sebagai dampak pembangunan fly over Palur. “Sebagai ganti karena kena fly over, maka akan dipindah ke bekas jembatan timbangan di Sroyo,” ujarnya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Namun demikian, AKP Poniran mengatakan tidak mengetahui secara pasti kapan pemindahan dan pembongkaran bangunan akan dilakukan. Diakuinya, selama ini Mapolsek Jaten berada tidak jauh dari perlintasan rel kereta api Palur. Kondisi Mapolsek pun berada di titik strategis lantaran tepat di pusat keramaian.

Namun nantinya jika memang akan dipindah di bekas jembatan timbang Sroyo, letak Mapolsek berada jauh dari pusat keramaian. “Saat ini titik keramaian ada di Palur. Kendaraan dari arah Surabaya menuju Solo maupun sebaliknya dan Solo-Karanganyar terpusat Tugu Intanpari,” katanya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono sebelumnya mengatakan telah mengusulkannya ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terkait lahan bekas jembatan timbang di Sroyo yang akan digunakan untuk Mapolsek Jaten. Hasilnya, Bupati mengatakan usulan disetujui namun dibatasi ukuran. Sebab, lahan seluas 6.000 meter persegi itu masih akan dimanfaatkan Pemprov untuk kebutuhannya.

“Gubernur meminta pembangunan Mapolsek diawali pengukuran lahan. Sebab, sebagian dari lahan bekas jembatan timbang masih akan dimanfaatkan Pemprov,” jelas Juliyatmono.

Hingga kini rencana penggeseran Mapolsek Jaten masih menunggu tahapan proyek yang saat ini fokus peninggian material jembatan layang. Penggeseran Mapolsek dinilai penting mengingat pelayanan di kantor polisi harus kontinu, tanpa terkendala aktivitas proyek. Juliyatmono belum mengetahui pemanfaatan ke depan lahan bekas Mapolsek pascapemindahan nanti.

Selain pemindahan Mapolsek Jaten, Juliyatmono menambahkan Tugu Intanpari yang ada di Simpang Tiga Palur dipastikan akan dibongkar. Bupati belum bisa memastikan apakah akan membangun kembali tugu serupa sebagai pengganti atau tidak. Namun, Pemkab berencana membuat semacam gapura penanda pintu masuk Karanganyar.

“Nantinya dibikin cantik yang posisinya disesuaikan dengan fly over,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya