SOLOPOS.COM - Seorang polisi lalu-lintas bertugas mengurai kemacetan di sekitar palang KA Palur, Senin (11/11/2013). Guna mengurai kemacetan di lokasi tersebut di masa mendatang, sedianya dibangun fly over. ( Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sejumlah anggota Polres Karanganyar disiagakan di kawasan pembangunan landasan fondasi fly over Palur dalam beberapa hari terakhir. Anggota polisi tersebut bertugas mengurai kemacetan di kawasan Palur sepanjang waktu.

Dalam dua pekan terakhir, PT Wijaya Karya (Wika) mulai membangun landasan fondasi proyek fly over. Selama pembangunan, jalan raya palur dari arah barat (Solo-Karanganyar atau Solo-Sragen) mengalami penyempitan lahan. PT Wika memasang pembatas jalan hampir memenuhi bahu jalan. Hal ini menyebabkan kemacetan luar biasa di Palur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setiap waktu disiagakan empat anggota Lantas di sana untuk mengurai kemacetan. Meski wilayah Palur adalah wilayah Jaten, tapi urusan itu silakan hubungi Lantas Polres Karanganyar saja,” tegas Kapolsek Jaten, AKP Poniran, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Martireni Narmadiana, kepada Solopos.com, Selasa (3/12/2013).

Pantauan Solopos.com, kemacetan di Palur sering terjadi saat jam-jam sibuk, seperti jam masuk kerja dan pulang kerja. Hal itu termasuk saat jam masuk sekolah dan pulang sekolah. Sejauh ini, proyek senilai Rp82 miliar itu mandek sementara waktu karena PT Wika menunggu hasil negosisasi ganti rugi antara tim pembebasan lahan dengan warga.

“Saya tidak tahu proyek ini akan dilanjutkan kapan. Yang jelas masih menunggu proses negosiasi harga ganti rugi lahan. Saat ini, baru memasang landasan tiang pancang. Untuk backhoe sudah digeser dari fly over ke gudang di Songgorunggi,” kata salah seorang karyawan PT Wika yang enggan disebut namanya.

Camat Jaten, Titik Umarni, mengatakan pembangunan fly over dilangsungkan dalam waktu 18 bulan ke depan. Sejauh ini, tim pembebasan lahan fokus membahas negosiasi ganti rugi tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya