SOLOPOS.COM - Fly over Jombor (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, JOGJA- Belum rampungnya sengketa ganti rugi pembebasan 19 kapling tanah proyek fly over Jombor dipastikan menganggu kelancaran lalu lintas arus mudik lebaran.

“Kami sarankan Dinas Perhubungan buat rekayasa lalu lintas,” ujar Wakil Ketua Komisi C DPRD DIY Arif Rahman Hakim kepada Harianjogja.com, Minggu (6/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Misalnya, dengan mengalihkan kendaraan dari arah utara ke Jalan Palagan. Sebaliknya, dari arah Selatan melewati jalan kabupaten. Namun sayangnya, lebar kedua jalan tersebut sempit, sehingga malah berpotensi menimbulkan titik kemacetan baru ketika dilalui kendaraan dari dua arah sekaligus.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kecuali motor enggak masalah. Makanya kami usulkan bisa tidak kedua arus itu dibuat satu arah saat arus mudik dan balik,” kata Politisi PKS itu.

Ia juga menyarankan saat arus mudik, kendaraan dari arah barat mendapatkan prioritas melewati fly over, karena pada saat itu banyak pemudik dari Jawa Barat atau Jakarta yang melintas. Sebaliknya, kendaraan dari arah timur dilewatkan pada jalan normal di bawah. Begitupula saat arus balik tiba, fly over khusus dibuka untuk kendaraan dari timur. (Baca juga : FLY OVER JOMBOR : Kraton Serahkan Sultan Ground untuk Ganti Rugi)

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika DIY Budi Antono mengatakan fly over jombor itu dalam rencananya akan dibangun underpass barat ke timur sepanjang 300 meter. Masalahnya, underpass itu direncanakan baru selesai pada Desember. Ia mengatakan, pengerjaan yang dapat didahulukan cuma pegecoran jalan atas underpass sepanjang 112 meter. Area itu sekarang ditutup dari kendaraan.

“Namun H-7 lebaran nanti bisa sudah bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya