SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kematian puluhan unggas di Kabupaten Wonogiri akibat flu burung belum lama ini meningkatkan kewaspadaan Pemkot Solo. Setidaknya tujuh kelurahan di Kota Solo bakal dipantau ketat karena dinilai rawan flu burung.

Kabid Perlindungan Dinas Pertanian (Dispertan) Solo, Herry Mirna Margawatie, mengatakan Dispertan bakal meningkatkan pemberian disinfektan kepada unggas di wilayah rawan. Menurut Mirna, upaya disinfeksi penting untuk mencegah meluasnya penyebaran penyakit yang bernama lain Avian Influenza (AI) itu. “Jangan sampai virus ini masuk ke Solo,” ujarnya saat ditemui wartawan, akhir pekan lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pihaknya mengatakan kelurahan seperti Sewu, Gandekan, Mojosongo, Kadipiro, Semanggi, Pajang, dan Joyotakan merupakan beberapa wilayah yang rawan penyebaran flu burung. Hal itu merujuk banyaknya unggas seperti ayam dan itik yang dipelihara di kelurahan tersebut. “Populasi unggas di wilayah ini paling banyak dibandingkan yang lain,” jelasnya tanpa menyebut angka.

Mirna mengatakan penyemprotan disinfektan difokuskan di Pasar Ayam Semanggi. Satu-satunya pasar unggas di Solo ini mampu mengumpulkan hingga 7.000 ayam per hari untuk didistribusi ke sejumlah wilayah. Rata-rata ayam di Pasar Semanggi merupakan pasokan dari wilayah Jawa Timur. “Untuk di kelurahan-kelurahan, penyemprotan fokus di kandang ayam milik peternak skala kecil,” tuturnya.

Pihaknya menambahkan upaya pencegahan flu burung tak hanya berhenti di penyemprotan. Dispertan turut mengambil sampel darah bagi unggas yang dicurigai mengidap AI. Pihaknya juga bakal menggencarkan sosialisasi ihwal virus AI kepada warga di daerah rawan. “Kami beri pemahaman pentingnya sterilisasi kandang untuk mencegah flu burung. Paling tidak sebulan sekali.”

Senada, Kepala Dispertan Weni Ekayanti, menyatakan peningkatan sterilisasi penting untuk mencegah kemungkinan virus memakan korban. Sebab meski telah memiliki cleaning station yang dipasang di Pasar Ayam, tahun lalu Dispertan masih menemukan enam penyebaran AI.

Temuan tersebut diambil dari 50 sampel tenggorakan ayam, bulu itik serta kandang ayam. “Penyemprotan disinfektan di pasar unggas sebagai pusat transit penjualan wajib ditingkatkan,” tandasnya.

Kelurahan di Kota Solo yang Rawan Flu Burung
1.    Kelurahan Sewu
2.    Kelurahan Gandekan
3.    Kelurahan Pajang
4.    Kelurahan Kadipiro
5.    Kelurahan Mojosongo
6.    Kelurahan Semanggi
7.    Kelurahan Joyotakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya