Tutup Iklan

FLPP Habis, REI Jateng Tunggu Alternatif Pembiayaan Rumah Murah

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Kalangan pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) menantikan adanya skema pembiayaan baru untuk mendorong realisasi Program Sejuta Rumah (PSR), seiring dengan mennipisnya dana menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Ketua DPD REI Jateng M.R. Prijanto menyampaikan, sampai dengan Juli 2019, REI Jateng sudah mengembangkan 4.000 unit rumah bersubsidi yang dapat dibiayai FLPP. Namun, kuota FLPP tersebut kini sudah habis. Oleh karena itu, pihak pengembang tentunya sangat menantikan skema pembiayaan baru agar kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat mengakses pembelian rumah.

Di sisi lain, pihak developer di wilayah Jateng sudah terlanjur memacu pengembangan rumah murah. Apabila konsumen tidak bisa mengakses KPR bersubsidi, sehingga tidak dapat membeli rumah, keuangan perusahaan pengembang tentunya akan terpukul.

“Kami sangat bersemangat menyediakan rumah bersubsidi. Sekitar 70% pengembang di REI Jateng fokus membuat rumah subsidi. Makanya kami menantikan skema pembiayaan baru, agar memudahkan akses bagi MBR,” ujarnya kepada Bisnis.

Pada tahun ini, REI Jateng menargetkan penjualan rumah mencapai 10.000 unit. Artinya, pemasaran rumah bersubsidi berkisar 7.000 unit.

Prijanto mengatakan, ada dua alternatif pembiayaan rumah murah yang sedang dimatangkan. Pertama, PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. akan menawarkan skema pengganti FLPP, dengan bunga yang kompetitif.

Kedua, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk menyediakan pembiayaan rumah murah di satu provinsi. “Kedua skema ini kami tunggu. Karena sebagian rumah bersubisi sudah kami bangun. Kan sayang kalau terhambat di pembiayaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur utama Bank BTN Maryono mengungkapkan kuota perusahaan dalam menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tinggal sedikit. Untuk tetap mendorong pertumbuhan kepemilikan rumah bersubsidi, pihaknya sedang menyiapkan skema BP2BT.

“Kami sedang menyiapkan, mudah-mudahan bisa bulan ini diluncurkan skema BP2BT. Karena kuota FLPP tinggal sedikit,” ujarnya kepada Bisnis di Universitas Diponegoro, Minggu (18/8/2019).

BPB2BT merupakan skema KPR dengan subsidi uang muka hingga 40% atau Rp32,4 juta untuk pembelian rumah tapak dan pembangunan rumah swadaya. Adapun, tingkat bunga disesuaikan dengan kredit di tingkat pasar.

Lama tenor KPR sama seperti FLPP, yakni 20 tahun. BPB2BT juga memiliki keunggulan lain dari FLPP, yakni skema tersebut bisa digunakan untuk pekerja di sektor informal, asalkan sudah memiliki riwayat tabungan yang memadai.

“Uang mukanya itu berupa hibah, bisa sampai 40%. Kita besarkan pembayaran DP-nya, bunganya nanti sesuai pasar,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Espos Premium

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

Beda dengan tahun lalu, saat perjalanan bisnisnya gelagepan. Seperti terkena virus corona bergejala berat. Kesulitan bernapas, seperti orang berenang mau tenggelam. Tapi tahun ini ceritanya lain.

Berita Terkini

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Perhatikan 5 Kriteria Ini Harus Ada pada Perawat Orang Lansia

Mencari perawat yang cocok dan tepat untuk orang lansia memang tidak selalu mudah.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Lirik Lagu Ungkapan Hati - Aurel Hermansyah

Berikut ini lirik lagu Ungkapan Hati dari Aurel Hermansyah, yang telah tayang pada Minggu, 21 November 2021 di Youtube.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Harta Karun Ribuan Koin Perak Kuno Ditemukan di Sungai Jerman

Tumpukan 5.600 koin perak dari Kekaisaran Romawi yang diperkirakan berusia hampir 2.000 tahun telah ditemukan di Jerman.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.

Bekuk Watford, Chelsea Tetap Puncaki Klasemen Liga Inggris

Chelsea sukses mempertahankan posisi puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris setelah mengalahkan Watford.

Hasil Liga Inggris: Liverpool Gasak Everton 4-1

Liverpool sukses melumat sang tetangga, Everton, pada pekan ke-14 Liga Premier Inggris.

Jumlah Harian Cetak Rekor, Korsel Laporkan Lima Kasus Varian Omicron

Korea Selatan (Korsel) melaporkan lima kasus pertama virus corona varian Omicron. Hal itu diungkap Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDA).

Miris, Ibu Tua Digugat Lima Anak Gegara Warisan

Wanita berusia 72 tahun itu pasrah di kursi rodanya setelah menjalani pemeriksaan atas laporan anak kandungnya dengan tuduhan penggelapan sertifikat tanah yang dianggap menjadi warisan.

Lanskap: Dipasangkan Siapa Saja Prabowo Menang

Pasangan Prabowo-Puan yang tertinggi (67,7 persen) dibandingkan Prabowo-Anies (63,6 persen), Prabowo-Ganjar (62,0 persen) dan Prabowo-Sandi (58,7 persen).

Sejarah Hari Ini : 2 Desember 1971, Uni Emirat Arab Terbentuk

Beragam peristiwa penting terjadi pada 2 Desember terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya pembentukan Uni Emirat Arab.