SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja menggunakan ruang kerja self desk di El Samara Coworking Space, Selasa (7/2/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO – Keberadaan Coworking Space yang menjamur di kota-kota besar membuka peluang besar bagi para pekerja profesional, mahasiswa maupun komunitas pelaku ekonomi kreatif untuk bekerja lebih produktif. Banyak alasan melakukan rutinitas sehari-hari di Coworking Space mulai dari fleksibilitas, meningkatkan kreativitas hingga memperluas jaringan atau networking.

Salah satu keuntungan menyewa ruang di Coworking Space adalah fleksibilitas. Para pengguna bisa memanfaatkan ruang di Coworking Space saat pagi hari, siang hari, bahkan malam hari. Mereka juga bisa memilih tempat duduk yang dianggap paling nyaman untuk mengerjakan tugas-tugas harian.

Promosi Upaya Agree Kembangkan Pertanian melalui Digitalisasi

“Sepekan bisa tiga-empat kali bekerja di Coworking Space. Lebih fleksibel saja, mau datang kapan pun bisa. Bahkan, saat malam hari ingin mengerjakan desain dadakan,” kata seorang pekerja freelancer asal Kelurahan Keprabon, Marlina, saat berbincang dengan Solopos.com, di Coworking Space, Hetero Space di Jl. Urip Sumoharjo, Solo, Selasa (7/2/2023).

Bagi Marlina, dirinya lebih konsen saat mengerjakan desain di Coworking Space lantaran relatif sepi dan tenang. Tidak ada suara bising atau percakapan antarpekerja yang biasa ditemui saat bekerja di kantor. Biasanya, Marlina mennyewa ruang di Coworking Space selama lebih dari tiga jam.

Dia merasa lebih produktif bekerja dalam suasana yang tenang dan sepi. “Lebih fokus dalam menggambar desain dan tugas-tugas lainnya. Kadang seringnya siang hari hingga petang hari. Namun, kadang kala juga pagi hari setelah sarapan,” ujar dia.

Marlina juga kerap mengajak rekan sesama desainer untuk menyewa ruang di Coworking Space. Mereka bertukar ide dan gagasan untuk memperkaya desain yang digambar. Hal ini tak bisa dijumpai saat bekerja di kantor yang penuh dengan dinamika dan kesibukan pekerja.

Lain halnya dengan Muh. Sarwidi. Pria asal Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, ini memilih menyewa ruang untuk bekerja di Coworking Space lantaran ingin memperluas jejaring dengan pengguna lainnya. Para pengguna memiliki latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang berbeda. Dengan begitu, memungkinkan terjadi interaksi antarpengguna sehingga muncul koneksi yang membuka peluang bisnis.

Dia mengaku pernah menggarap proyek bisnis sektor properti dengan sesama pengguna Coworking Space. “Jika jaringan atau networking semakin luas akan memudahkan dalam menangkap peluang bisnis. Banyak antarpengguna yang berkolaborasi dalam program dan kegiatan. Tidak hanya saya. Banyak yang lain. Salah satunya memang saya,” ujar dia.

Selain mengerjakan tugas sehari-hari, Sarwidi juga kerap menyewa meeting room untuk pertemuan dengan relasi bisnisnya. Tak jarang, tawaran-tawaran peluang bisnis muncul saat melakukan rapat dengan relasi atau mitra bisnis tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya