SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono saat tumpengan syukuran jelang pelaksanaan FKY 28 di Taman Kuliner Sleman, Senin (15/8/2016). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

FKY 2016 memiliki konsep berbeda.

Harianjogja.com, SLEMAN – Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 28 tahun ini beda konsep dengan sebelumnya. Acara seni tahunan tersebut akan dibuka di titik nol kota Jogja pada Selasa (23/8/2016) oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubawono X.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan tersebut digelar hingga 9 September di Taman Kuliner Condongcatur Sleman. Festival yang telah menginjak tahun ke-28 itu mengangkat tema Masa Depan, Hari Ini Dulu.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono mengatakan, berbeda dengan tahun lalu, FKY tahun ini akan dibuka dari titik nol kilometer oleh Gubenur DIY dan Dirjen Kebudayaan pusat. Selama pembukaan, akan dimeriahkan kurang lebih 30 kontingen mulai budayawan dan seniman dari Jogja hingga seniman dari tujuh provinsi lainnya.

“Ada juga workshop dan pemutaran film yang diikuti para sineas dari Jakarta Bekasi, Pekalongan, Surabaya,” ujar Umar.

Dia optimistis, jumlah pengunjung bisa melebihi pelaksanaan FKY tahun lalu. Tahun 2015, tidak kurang dari 230.000 pengunjung FKY. Selain di Taman Kuliner, kegiatan FKY juga digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Di TBY digelar pameran seni rupa.

“Awalnya sempat khawatir FKY akan sepi karena digelar di Taman Kuliner. Tepi ternyata tidak terjadi. FKY kali ini juga berorientasi pada lingkungan. Mengambil venue salah satu acara di Tebing Breksi Sleman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya